Pengaruh model active learning berbantu media animasi terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik

Inayah, Indah Nor (2018) Pengaruh model active learning berbantu media animasi terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Skripsi Indah Nor Inayah - 1401140369.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kurangnya minat peserta didik dalam bertanya dan berpendapat. Peserta didik hanya diam dan mendengarkan penjelasan guru tanpa adanya partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Acive Learning tipe LSQ terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA MAN Kota Palangka Raya pada materi pembelahan sel.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 76 orang dari 152 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif dan penilaian keaktifan peserta didik untuk mengukur keaktifan peserta didik di kelas menggunakan skala penilaian (Rating Scale) dengan penilaian skala tiga melalui rubrik penilaian yaitu tidak aktif, cukup aktif dan aktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Keaktifan peserta didik di kelas XII MIPA 2 dengan model Active Learning tipe LSQ mencapai 84,90% sedangkan kelas XII MIPA 3 dengan model konvensional yang biasa digunakan guru sebesar 58,85%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik dapat muncul secara maksimal saat difasilitasi dengan model Active Learning menggunakan media animasi, sedangkan model pembelajaran konvensional tidak memfasilitasi secara maksimal aspirasi peserta didik dalam pembelajaran. 2) Terdapat pengaruh model Active Learning terhadap hasil belajar peserta didik materi pembelahan sel kelas XII-MIPA MAN Kota Palangka Raya. 3) Model Active Learning dengan menggunakan media animasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik materi pembelahan sel kelas XII MIPA MAN Kota Palangka Raya. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai pretes dan postes peserta didik kelas eksperimen mengalami peningkatan, rata-rata nilai pretes adalah 20 sedangkan nilai postes adalah 74 dengan selisih (gain) sebesar 54. Nilai N-gain pretes-postes kelas eksperimen adalah 0,7 dengan kategori tinggi.

ABSTRACT

This research is based on the lack of interest of learners in asking and arguing. Learners just silent and listen to the teacher's explanation without participation. This study aims to determine the effect of LSQ type of Active Learning model to the liveliness and learning outcomes of students in class XII MIPA MAN of Palangka Raya City on cell division material.
This research uses quasi experimental method with Design Nonequivalent Control Group Design. Sampling technique using Purposive Sampling. The sample used is 76 people from 152 students. The instrument used is objective to measure cognitive ability and activeness assessment of learners to measure students' activity in the classroom using Rating scale (Scale scale) with three scale assessment through rubric assessment that is not active, active enough and active.
The results showed that: 1) Activity of students in class XII MIPA 2 with Active Learning model of LSQ type reached 84,90% while class XII MIPA 3 with conventional model used by teacher equal to 58,85%. This shows that the learner activity can appear maximally when facilitated with Active Learning model using animation media, while the conventional learning model does not facilitate maximal aspiration of learners in learning. 2) There is influence of Active Learning model toward learning outcomes of learners of cell division class XII-MIPA MAN of Palangka Raya city. 3) Active Learning model by using the animation media has an influence on the learning outcomes of learners of cell division materials class XII MIPA MAN of Palangka Raya city. The effect can be seen from the value of pretest and postes of the experimental class learners has increased, the average value of pretest is 20 whereas the postes value is 74 with the difference (gain) of 54. The value of N-gain of pretest-postes experimental class is 0,7 with high category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Active learning; Media pembelajaran
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 10 May 2019 03:32
Last Modified: 10 May 2019 03:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item