Pelaksanaan pendidikan kepramukaan tingkat siaga di kota Palangka Raya oleh pembina pramuka dari IAIN Palangka Raya

Fajri, Fajri (2015) Pelaksanaan pendidikan kepramukaan tingkat siaga di kota Palangka Raya oleh pembina pramuka dari IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

IAIN Palangka Raya sebagai salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Kalimantan Tengah, melaksanakan pendidikan kepramukaan yang dalam hal ini bertujuan untuk mencetak pembina pramuka handal yang mampu membina Pramuka di sekolah atau madrasah yang ada di Kalimantan Tengah. Di Palangka Raya Pembina Pramuka di sekolah dan Madrasah cukup banyak yang berlatar belakang pendidikan kepramukaan dari IAIN Palangka Raya, baik yang sudah menyelesaikan studinya pada saat masih STAIN Palangka Raya maupun yang masih menjalani pendidikan di IAIN Palangka Raya, dan diharapkan pembina pramuka dari IAIN Palangka Raya ini bisa membina dengan baik di sekolah atau madrasah.

Rumusan masalah yang ada yakni : 1) Bagaimana pelaksanaan sosialisasi tujuan Pendidikan Kepramukaan oleh Pembina Pramuka dari IAIN Palangka Raya?, 2) Metode apa yang digunakan pada saat pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan oleh Pembina Pramuka dari IAIN Palangka Raya?, 3) Materi apa saja yang diberikan pada saat pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan oleh Pembina Pramuka dari IAIN Palangka Raya?, 4) Evaluasi apa yang dilakukan untuk mengukur hasil pelakasanaan Pendidikan Kepramukaan oleh Pembina Pramuka dari IAIN Palangka Raya?.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun pemilihan subjek dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling, Subjek penelitian berjumlah 14 orang Pembina Pramuka yang berlatar belakang pendidikan kepramukaan di IAIN Palangka Raya, dan sebagai informan 7 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian diabsahkan dengan teknik triangulasi, selanjutnya dianalisis dengan tahapan data reduction (pengurangan data), data display (penyajian data), dan conclusion (penarikan kesimpulan dan verifikasi).

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembina Pramuka telah melaksanakan sosialisasi tujuan pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan cukup baik. Sebagai langkah awal pelaksanaan pendidikan kepramukaan di sekolah dan madrasah. 2) Secara keseluruhan metode kepramukaan yang digunakan oleh pembina di sekolah dan madrasah sudah sesuai dengan metode pendidikan kepramukaan yang ada, seperti sistem satuan terpisah, pengamalan kode kehormatan, sistem berkelompok, sistem tanda kecakapan, dan sistem among. 3) Materi pendidikan kepramukaan yang disampaikan oleh pembina kepada peserta didik sudah cukup bagus dan lengkap dan sesuai dengan evaluasi yang akan dilakukan, seperti pengertian, tugas dan fungsi pendidikan kepramukaan, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, upacara pembukaan dan penutupan latihan pramuka, baris-berbaris, dan tali-temali. 4) Pelaksanaan evaluasi pendidikan kepramukaan sudah cukup baik, evaluasi sesuai dengan pedoman kepramukaan seperti syarat-syarat kecakapan umum dan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pendidikan pramuka; pembina
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 01 Sep 2016 01:45
Last Modified: 01 Sep 2016 01:45
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item