Faijah, Faijah (2015) Problematika pembelajaran Bahasa Arab siswa yang berlatar belakang SD pada MTS Muslimat NU Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (29kB) | Preview |
Abstract
ABSRAK
Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat penting bagi kaum muslimin. Kaum muslimin menggunakan bahasa Arab dalam aktivitas sholat, zikir, doa dan ibadah mahdhah lainnya serta untuk memahami kitab suci Al-Qur’an. Di samping itu, kitab-kitab klasik yang memuat berbagai pengetahuan dan kebudayaan islam juga ditulis dalam Bahasa Arab.
Di MTs Muslimat NU siswa diharapkan dapat menguasai bahasa Arab dengan baik dan benar, namun pada pelaksanaannya pembelajaran bahasa Arab mendapat anggapan oleh sebagian besar siswa bahwa pelajaran ini adalah salah satu mata pelajaran yang sulit sehingga menarik peneliti untuk menelitinya.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Apa problematika pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya? 2) Apa langkah-langkah untuk mengatasi problematika belajar bahasa Arab kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 5 orang siswa kelas VII MTs Muslimat NU, kemudian yang mengajar bahasa Arab sebagai informan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran materi mufrodat, menterjemahkan kosa kata dilihat dari aspek non linguistik yaitu terlalu banyak hafalan kosa kata yang diberikan kepada siswa, sebagian siswa ada yang kurang minatnya belajar bahasa Arab, Adanya kesulitan merangkai kata sesuai tata bahasa yang baik, dari aspek non linguistik yaitu kurang memperhatikan penjelasan dari guru karena guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang tepat dalam menggunakan metode pembelajaran, dan latar belakang pendidikan siswa dari sekolah dasar. (2) solusi atau jalan keluar yang harus dilakukan untuk meningkatkan belajar siswa membangkitkan minat belajar, memberikan motivasi, dan siswa diwajibkan mempraktikkan dialog atau muhatdasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: problematika; pembelajaran; bahasa arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 09:01 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 09:01 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/144 |
Actions (login required)
View Item |