Purwono, Budi (2018) Manajemen strategik kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Abstrak.pdf Download (495kB) |
|
Text
Isi Tesis Budi Purwono - 16013151.pdf Download (642kB) |
Abstract
Usaha-usaha perbaikan system pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran saat ini gencar dilakukan. Mulai dari perbaikan sarana prasarana sekolah, penyediaan fasilitas pendidikan, mengembangkan metode, mengembangkan kurikulum, hingga meningkatkan kualitas profesional guru dan kesejahteraannya.
Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana model perencanaan strategik yang diterapkan kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru? Bagaimana Implementasi strategic kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru?
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis model perencanaan manajemen strategic kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi strategic kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dimana penelitian ini lebih diarahkan untuk memahami kasus-ksus yang terjadi terkait dengan focus masalah. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Model manajemen strategik yang diterapkan Kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi Profesional guru adalah model manajemen integrative yang memadukan profesionalitas, keterampilan, dan teknologi informasi. Kegiatan manejerial kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilakukan atas dasar perencanaan strategis melalui formulasi strategi dengan mengidentifikasi masalah eksternal dan internal, membuat visi dan misi, membuat sasaranjangka panjang hingga menetapkan strategi fungsional yang akan dilaksanakan dalam manajemen strategiknya. 2). Implementasi manajemen strategik yang dilakukan Kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah adalah : a) Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan berbasis keterampilan, b) Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan berbasis teknologi informasi dan, c) pelatihan kurikulum 2013. Adapun pada aspek evaluasi strategik yang dilakukan Kepala SMA Muhammadiyah Katingan Tengah adalah dengan melakukan evaluasi di berbagai item perencanaannya dengan selalu mengadakan kontrol. Cara yang dilakukan adalah memantau perkembangan dan peningkatan kompetensi profesional guru-guru yang sudah mendapat pendidikan dan pelatihan secara berkala. Selain itu adalah dengan mengadakan evaluasi pada setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan.
ABSTRACT
The efforts of revising education system to improve the teaching and learning quality intense implemented.It started from revising school’s infrastructure, providing the facility education, developing the methods, developing the curriculum, even improving the quality of the teachers and their prosperity.
The research problems were: Howwas the strategic planning implemented to improve the professional teacher competences by Principal at SMA MuhammadiyahKatingan Tengah? How was the strategic implemented to improve the professional teacher competences by Principal at SMA MuhammadiyahKatingan Tengah?
The purpose of this research was to describe and analyze the kind of Principal strategy managements to improve the professional teacher competences at SMA MuhammadiyahKatingan.
The methodresearch used was descriptive qualitative. It was focused on the research problems. The data were collected by observation, interviews, and documentation.
The result of this research showed that: 1) the strategic management model that was implemented by Principal at SMA MuhammadiyahKatingan to improve the professional teachercompetence was the professional integrative management model because the teachers had skills and had been able to use information technology. Themanagerial activities was implemented by principal at SMA MuhammadiyahKatingan Tengah to improve the professional teacher competencesbased on strategic plans, such as formulating the strategy to identify external and internal problems, forming the vison and mission, and determining long-term objectives. The formulations would be implemented on strategic management. 2) the strategy management implemented by Principal were; a) improving the professional teacher competence through skill training, b) improving the professional teacher competence through information technology training, c) 2013 Curriculum training. The strategic evaluation aspects implemented by Principal of SMA MuhammadiyahKatingah Tengah was evaluating the various controling items. The techniques implemeted were; to monitor the development and improve the professional teacher who acquired the eductaion and training periodically and also continuously evaluated the lately program activities.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik; Profesional Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 03:55 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:55 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1439 |
Actions (login required)
View Item |