Yusmarita, Faizah (2018) Strategi pelayanan pt raihan alya tour terhadap jemaah umrah di kota palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Faizah Yusmarita - 1402120329.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dewasa ini, semakin banyaknya permintaan untuk melaksanakan ibadah Umrah hampir di seluruh pelosok Indonesia menunjukkan angka yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh masa tunggu untuk melaksanakan ibadah Haji yang terlalu lama, moment ini membuka peluang bagi Bisnis Tour ibadah Haji Plus dan Umrah sangat diminati sehingga banyak pengusaha lain melirik bisnis ini. Maka peluang inilah yang dilirik bukan saja oleh pemerintah namun juga oleh biro-biro penyelenggara Haji Plus dan Umrah berkompetisi untuk menarik simpati Jemaah, kesemuanya itu berlomba-lomba menawarkan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan dengan kelebihan fasilitas yang berbeda untuk popularitas. Maka berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana strategi pelayanan terhadap jemaah umrah perlu dikaji secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Bagaimana Strategi Pelayanan PT Raihan Alya Tour terhadap Jemaah Umrah? (2) Bagaimana pelaksanaan Strategi Pelayanan PT Raihan Alya Tour terhadap Jemaah Umrah ditinjau dalam PMA RI No 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Komisaris, Direktur Utama, dan Konsumen yang telah menggunakan jasa travel PT Raihan Alya Tour yang berbeda tahun keberangkatannya. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. kemudian dianalisis melalui tahapan collections, reduction, display dan verification.
Hasil dari penelitian ini strategi pelayanan PT Raihan Alya Tour terhadap jemaah Umrah adalah pertama konsisten terhadap apa yang sudah mereka janjikan dengan jemaah. kedua nuansa kekeluargaan. ketiga yaitu harga paket relatif bersaing sesuai dengan fasilitas antar travel lain. keempat yaitu pihak travel membimbing para jemaah untuk beribadah dengan baik dan benar. Penerapan strategi pelayanan PT Raihan Alya Tour terhadap jemaah Umrah ditinjau dalam PMA RI No 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah adalah pelayanan yang diterapkan oleh travel PT Raihan Alya Tour telah sesuai dengan PMA RI No 8 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.
ABSTRACT
Nowadays, the growing number of requests to perform the umrah worship almost throughout the corners of Indonesia showed significant numbers. This is caused by the time wait to perform Hajj is too long, this moment opens opportunities for the business tour Hajj Plus and Umroh very sought after so many other entrepreneurs turn to business. Then this opportunity to recognize not only by governments but also by the Bureau – Office for Hajj plus and umrah competence to attract the sympathy of the Congregation, all of which compete offers coaching, service, and protection with the advantages of the different facilities for popularity. Then, based on this to find out more about how to conduct service in increasing the number of Hajj and ' Umrah congregation need to be examined in greater depth. This research aims to find out and analyze (1) How The Strategy PT Raihan Alya Tour Service toward pilgrims? (2) How the implementation of the strategy PT Raihan Alya Tour service toward pilgrims reviewed in PMA RI No 8 Year 2018 On the inaugural journey of the Worship of ' Umrah.
This research is a field research using qualitative research deskriftif methods, as for the subject researches in this research are the Commissioner, the President Director, and consumers who have used the services of travel from PT Raihan Alya Tour different years of his departure. Data gathering techniques with observation, interview and documentation. Engineering approval the data using triangular sources and triangular methods. Then analyzed through the stages of the colllection, reduction, display, and verification.
The results of the research strategies PT Raihan Alya Tour service toward pilgrims are as follows; First, it is consistent to what they already promised by the Congregation. Second, the nuances of family. Third, the relative competitive package price in accordance with the facilities between the other travel. Fourth, the travel guide the Congregation to worship with good and true. The implementation of the strategy PT Raihan Alya Tour service toward pilgrims reviewed in PMA RI No 8 Tahun 2018 About the Organization of the Journey pilgrims Worship is the services applied by travel of PT Raihan Alya Tour were in accordance with PMA RI No 8 Tahun 2018 About the Organization of the Journey pilgrims Worship.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pelayanan; Haji dan Umroh |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 03:15 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 03:15 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
View Item |