Penerapan model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa

Rianasari, Elva (2018) Penerapan model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Elva Rianasari - 1301130314.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment dengan model matching pretest-posttest comparation group design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pertimbangan judgement sampling,sampel yang dipilih yaitu kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Palangka Raya pada bulan Juli sampai September 2018. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, tes hasil belajar kognitif, lembar pengelolaan pembelajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya dan model pembelajaran GI dengan taraf signifikansi 0,000 < alfa standar, (2) terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya dan model pembelajaran GI dengan taraf signifikansi 0,000 < alpha standar, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya dan model pembelajaran GI dengan taraf signifikansi 0,409 > alfa standar,(4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya dan model pembelajaran GI dengan taraf signifikansi 0,530 > alfa standar,(5) terdapat hubungan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya dengan taraf signifikansi 0,000 < alfa standar 1 % , tidak terdapat hubungan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran GI dengan taraf signifikansi 0,187<alfa standar 1 % 6) pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran GI dengan metode tutor sebaya nilai rata-rata 3,29 dengan kriteria Cukup baik dan menggunakan model pembelajaran GI nilai rata-rata 3,37 dengan kriteria Cukup baik.

ABSTRACK

This study aims to examine the application to ward Creative Thinking Ability and student learning outcomes.
This study used quasi experimental method with model matching pretest-posttest comparation design group with using purposive sampling with judgement sampling beside selected sample that is class XI IPA-1 and IPA-2. This study was conducted at SMAN 4 Palangkaraya in July to September 2018. Instrument used are creative thinking ability , cognitive learning result test, observation sheet management of learning.
The result showed that : (1) there was a significant increase on the creative thinking ability using GI model through peer and GI model with significance 0,000 > standard alpha, (2) there was a significant increase on the students’ cognitive learning outcomes using GImodel through peer and GI model with significance 0,000 > standard alpha, (3) there wasn’t significant differences the creative thinking ability using GI model through peerand GI model with significance 0,409 > standard alpha, (4) there wasn’t significant differences of cognitive learning outcomes of students using GI model through peerand GI model with significance 0,530> standard alpha. (5) there was a significant correlation to the science process skill of the students’cognitive learning outcomes using GI model through peer with significance 0,000 < standar alpha value 1 %, there was’n a significant correlation to the science process skill of the students’ cognitive learning outcomes using GI model with signifycance 0,187 > standard alpha value 1 %,, (6) observation sheet management of learning using GI model through peerreached average value of 3,29 with fair enough category and using GI model reached average value of 3,37 with fair enough category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Fluida Statis
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020303 Fluid Physics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:54
Last Modified: 13 Feb 2019 02:54
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item View Item