Perbandingan prestasi belajar menggunakan media gambar dan torso materi sistem gerak kelas viii Mts An-Nur Palangka Raya

Miningsih, Eka Tria Okta (2018) Perbandingan prestasi belajar menggunakan media gambar dan torso materi sistem gerak kelas viii Mts An-Nur Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eka Tria Okta Miningsih - 1401140390.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media gambar belum optimal dan media torso belum pernah digunakan, sehingga KKB peserta didik tidak tercapai dan prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar menggunakan media gambar dan torso pada materi sistem gerak kelas VIII MTs An-nur Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Dianalisis dengan uji n gain. Hasil analisis N-gain menunjukkan kedua media dapat meningkatkan prestasi belajar. Tetapi yang lebih tinggi adalah menggunakan media torso. Nilai rata-rata N-gain peserta didik kelas VIII-B yang diajarkan dengan menggunakan media gambar sebesar 0,41 dan rata-rata N-gain peserta didik kelas VIII-C yang diajarkan dengan menggunakan media torso yaitu 0,52. Analisis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung = 1,81 dan ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan “terdapat perbedaan Prestasi Belajar Menggunakan Media Gambar dan Torso Materi Sistem Gerak Kelas VIII MTs An-Nur Palangka Raya. Antara kedua media direkomendasikan menggunakan media torso dalam pembejaran sistem gerak.

ABSTRACT

This research conducted based on the use of image media that was not optimal and torso media has never been used before, therefore KKB of students is not reached and learning achievement is low. The aim of this researchis to determine the comparison of learning achievement using image and torso on motion system material in the VIII grade of MTs An-nurPalangka Raya. This study was a quantitative with experimental research methods.
Data collection procedures use test techniques. Analyzed by n gain test.The results of n gain analysis showed that both media can improve learning achievement, but the higher is use torso media.The average score of n gain for grade VIII-B students taught using picture media was 0.41 and the averagescore n gain of grade VIII-C students taught using torso media was 0.52. Analysis using t-test showed that the value of tcount = 1.81 and ttable = 1.68. This result showed "there are differences in Learning Achievements Using Image Media and Torso Motion System Materialfor Class VIII MTs An-NurPalangka Raya. Between the two media it is recommended to use torso media in motion system learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar; Sistem Gerak
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:13
Last Modified: 08 Feb 2019 03:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item