Strategi pemasaran asuransi allisya protection plus pada mitra allianz pla 003 palangka raya

Aridha, Dessy (2018) Strategi pemasaran asuransi allisya protection plus pada mitra allianz pla 003 palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Dessy Aridha - 1302120206.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya asuransi dalam kehidupan di masa depan. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia banyak yang lebih mengutamakan kebutuhan sekarang ketimbang kebutuhan di masa depan, asuransi belum dijadikan gaya hidup atau kebutuhan karena pendapatan masyarakat yang masih rendah serta masih rendahnya sosialisasi tentang pentingnya berasuransi di masyarakat. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya strategi yang kuat dari para agen untuk memasarkan asuransi kepada masyarakat dan untuk tetap bertahan mengembangkan perusahaan khususnya asuransi Allianz dan Mitra Allianz PLA 003 Palangka Raya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran asuransi Allisya Protection Plus pada Mitra Allianz PLA 003 Palangka Raya menurut ekonomi Islam. Adapun dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi pemasaran asuransi Allisya Protection Plus pada Mitra Allianz PLA 003 Palangka Raya, (2) Bagaimana strategi pemasaran asuransi Allisya Protection Plus pada Mitra Allianz PLA 003 Palangka Raya menurut ekonomi Islam?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yang terdiri dari subjek inti dan subjek pendukung, yaitu Bussines Partner, Bussines Executive dan nasabah Allisya Protection Plus. Objek penelitian ini yaitu strategi pemasaran asuransi Allisya Protection Plus yang ada di Mitra Allianz PLA 003 Palangka Raya. Metode yang digunakan untuk mengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dibuktikan dengan triangulasi sumber yang dianalisis melalui metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran asuransi Allisya Protection Plus pada Mitra Allianz PLA 003 Palangka Raya yang dilakukan oleh agen adalah sebagai berikut: Segmentasi (Segmentation), Target Pasar (Targetting), Penentuan posisi (Positioning), Taktik Pemasaran (Marketing Tactic), Diferensiasi (Differentiation), Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Penjualan (Selling), Nilai Pemasaran (Marketing Value), Merek (Brand), Pelayanan (Service) dan Proses (Process). Beberapa strategi yang dilakukan sudah sesuai dengan ekonomi Islam namun ada 2 hal yang kurang sesuai dengan ekonomi Islam, yaitu dalam poin proses pada strategi pemasaran dan poin akhlaqiyyah pada karakteristik pemasar syariah.

ABSTRACT

This research was motivated by the lack of awareness of the Indonesian people about the importance of insurance in life in the future. This is because many Indonesian people prioritize present needs rather than future needs, insurance has not been used as a lifestyle or necessity due to the low income of the community and the low level of socialization about the importance of insurance in the community. Therefore, it is very necessary to have a strong strategy from agents to market insurance to the community and to survive developing the company, especially Allianz insurance and Allianz Partner PLA 003 Palangka Raya. There are two research problems in this research: (1) How the marketing strategy of Allisya Protection Plus insurance in Allianz Partner PLA 003 Palangka Raya, (2) How the marketing strategy of Allisya Protection Plus insurance in Allianz Partner PLA 003 Palangka Raya according to Islamic economics?
This research was field research used the method of descriptive qualitative with research subjects consisting of core subject and supporting subjects, namely Business Partner, Business Executives and Allianz Protection Plus customers. The object of this research were the insurance strategy of Allisya Protection Plus in Allianz Partner PLA 003 Palangka Raya. The methods used the collect the data were observation, interview and documentation. Validity of the data was proved by triangulation source which was analyzed through the method of data collection, data reduction, data display and conclusion.
The results of this research indicated that the Allisya Protection Plus insurance marketing strategy of Allianz Partner PLA 003 Palangka Raya is as follows: Segmentation, Targeting, Positioning, Marketing Tactic, Differentiation, Marketing Mix, Sales, Marketing Value, Brand, Service and Process. Some of the strategies carried out are in accordance with the Islamic economy, but there are two things that are not in accordance with the Islamic economy, namely in the process points of the marketing strategy and points akhlaqiyyah on the characteristics of sharia marketers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Asuransi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:04
Last Modified: 04 Feb 2019 03:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item