Alpiyanor, Alpiyanor (2017) Perbedaan hasil belajar dan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dan tipe teams games tournamentpada pokok bahasan besaran dan satuan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Alpyyanor - 1201130286.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan susudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT pada materi besaran dan satuan kelas VII di MTsN 2 Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017 dan mengetahui perbedaan kerjasama siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe TGT pada materi besaran dan satuan kelas VII di MTsN 2 Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kooperatif tipe STAD dan TGT yang melibatkan siswa kelas VII-E dan kelas VII-H. Rancangan penelitian non equivalent pre test post test design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pertimbangan, sampel yang dipilih yaitu kelasVII-E sebagai kelas STAD atau kontrol dan kelas VII-H sebagai kelas TGT atau kelas eksperimen. Analisis uji instrumen dengan menghitung uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, dan uji beda. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji t.
Berdasarkan uji beda hipotesis diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT pada materi besaran dan satuan pada kelas VII MTsN 2 Palangka Raya. kemudian nilai rata-rata kerjasama pada kelas STAD sebesar 78,21 dan rata-rata kerjasama pada kelas TGT Sebesar 85. Berdasarkan uji beda hipotesis kerjasama terdapat perbedaan kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT pada materi besaran dan satuan pada kelas VII MTsN 2 Palangka Raya.
ABSTRACT
The purpose of this research to determine differences in learning outcomes before and after using STAD type cooperative learning model with TGT type on material magnitude and unit class VII in MTsN 2 Palangka Raya academic year 2016/2017 and know the difference of student cooperation after using STAD type cooperative learning model with type TGT on material magnitude and class VII in MTsN 2 Palangka Raya academic year 2016/2017
The research method used is STAD and TGT type cooperative method involving students of class VII-E and class VII-H. The design of non-equivalent study of pre test post test design with sampling using purposive sampling based on consideration, the selected sample is class VII-E as class STAD or control and class VII-H as TGT class or experiment class. Analysis of the instrument test by calculating the validity test, reliability test, difficulty level test, and different test. The data analysistechnique used is t test.
Based on different test of hypothesis, there are differences of students' cognitive learning outcomes through cooperative learning type STAD and TGT type on material magnitude and unit in class VII MTsN 2 Palangka Raya. then the average value of cooperation in the STAD class amount 78.21 and the average of cooperation in the TGT class amount 85. Based on different test of cooperation hypothesis there are differences in cooperation of students through cooperative learning model type STAD and TGT type on material magnitude and units in class VII MTsN 2 Palangka Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode pembelajaran kooperatif |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 03:39 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 03:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1296 |
Actions (login required)
View Item |