Strategi penerapan konsep halalan thayyiban pada rumah makan wong solo kota Palangka raya

Satria, Ahmad Dhea (2018) Strategi penerapan konsep halalan thayyiban pada rumah makan wong solo kota Palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Ahmad Dhea Satria - 1402120287.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena perkembangan bisnis sekarang telah berkembang sangat pesat. Seorang pelaku usaha bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada kepuasaan konsumen. Tidak terkecuali usaha dalam penyajian makanan dan minuman yang mulai dari skala kecil hingga skala yang besar. Rumah makan Wong Solo merupakan salah satu warung makan yang menggunakan motto Halalan Thayyiban, artinya makanan yang disajikan berasal dari bahan-bahan yang halal dan diproses dengan memperhatikan hukum-hukum dalam agama Islam.
Rumusan masalah: (1) Bagaimana Penerapan konsep Halalan Thayyiban pada Rumah Makan Wong Solo ? (2) Bagaimana tingkat Kepuasaan Konsumen terhadap penerapan Label Halalan Thayyiban pada Rumah Makan Wong Solo ?. Tujuan Penlitian: (1) Untuk mengetahui Penerapan konsep Halalan Thayyiban Rumah Makan Wong Solo. (2) Untuk mengetahui tingkat Kepuasaan Konsumen terhadap penerapan Label Halalan Thayyiban pada Rumah Makan Wong Solo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan selama 2 bulan bertempat di Rumah makan Wong Solo kota Palangka Raya, peneliti berusaha memahami fenomena sosial dengan membedakan, membandingkan, meniru, mengkatalogkan, dan mengelompokkan objek studi. Peneliti memasuki dunia subjek dan melakukan interaksi terus menerus dengan subjek, dan mencari sudut pandang subjek. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah manajemen Wong Solo dan para konsumen rumah makan Wong Solo. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Penelitian ini mengunakan pengabsahan data dengan (1) triangulasi dengan sumber, (2) triangulasi dengan metode, (3) triangulasi dengan teori. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah (1) Data Collection, (2) Data Reduction, (3), Data Display.
Hasil penelitian ini (1) Penerapan konsep Halalan Thayyiban yang diterapkan oleh Rumah makan Wong Solo merupakan suatu strategi khusus yang digunakan untuk menarik minat konsumen agar datang membeli produk Rumah makan Wong Solo. Label Halalan Thayyiban sebagai strategi pemasaran bukan hanya sekedar tulisan terpampang tetapi juga kepada praktik penerapannya, baik untuk pemilik, karyawan, maupun kepada seluruh konsumen. (2) Penerapan konsep Halalan Thayyiban yang diterapkan mendapat tanggapan positif dari para konsumen. Mengingat Rumah makan Wong Solo tidak hanya menjadikan konsep Halalan Thayyiban sebagai slogan penarik minat konsumen, tetapi juga sebagai slogan dalam kehidupan.

ABSTRACT

Nowadays, the business development phenomenon is developing rapidly. The businessman should be sensitive to all the changes and put all the orientations to the consumer satisfaction. It includes the restaurant from small scale to big scale. Wong Solo Restaurant is one of the restaurant which uses the motto of 'Halalal Tayyiban', which means food is served from the good or halal ingredients and prossesed with Islamic perspectives.
Research questions: (1) How does the application of Halalan Thayyiban concept at Wong Solo Restaurant? (2) How does the level of consumer satisfaction to the application of Halalan Thayyiban label at Wong Solo Restaurant? Research objectives: (1) To know the application of Halalan Thayyiban concept at Wong Solo Restaurant. (2) To know the level of consumer satisfaction to the application of Halalan Thayyiban label at Wong Solo Restaurant.
This research is qualitative descriptive research in which this research was conducted for two months at Wong Solo Restaurant. The researcher attempts to understand the social phenomenon by distinguish, compare, imitate, make a catalogue, and collect the study objects. The researcher enters to the subjek world, does the interaction continuously, and looks for the subjek viewpoints. As for the subject in this study is the wong solo management and the costumers of the wong solo restaurant. The technique of data collecting which is used by the researcher are (1) observation, (2) interview, (3) documentation. This research uses the data approval with (1) data collection, (2) data reduction, (3) data display.
The results of this research are (1) The application of Halalan Thayyiban concept which is applied by Wong Solo Restaurant is a special strategy that is used to attract the consumers in order to buy the product of Wong Solo Restaurant. The Halalan Thayyiban label as the marketing strategy is not only the advertisement but also on its application practices, either to the owner and employees, or to all the consumers. (2) The application of Halalan Thayyiban concept which is applied by Wong Solo Restaurant gets a positive response from the consumers. The Wong Solo Restaurant is not only creating Halalan Thayyiban concept as a slogan to attract the consumers, but also as a slogan in life.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Startegi pemasaran; konsep halalan thayyiban
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Jan 2019 02:50
Last Modified: 22 Jan 2019 02:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item