Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih materi sholat berjama’ah kelas VII MTS Miftahul Jannah Mangkatip Kabupaten Barito Selatan

Amirudin, Amirudin (2015) Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih materi sholat berjama’ah kelas VII MTS Miftahul Jannah Mangkatip Kabupaten Barito Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (AR).pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (AR).pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (AR).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (AR).pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (AR).pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (AR).pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dalam memberikan Pendidikan, agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dipahami oleh murid atau melekat pada diri murid, maka guru dituntut melakukan beberapa upaya salah satunya menggunakan metode seperti metode demonstrasi (memperagakan). Adapun permasalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan metode demonstrasi, dalam hal: Tata cara mengatur saf, Pelaksanaan cara makmum masbuk, Tata cara mengingatkan imam yang lupa, Tata cara menggantikan imama yang batal. 2. Apa saja faktor pendukung penerapan metode demonstrasi. 3. Apa saja faktor penghambat dalam penerapan metode demonstrasi.

Penelitian menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif, dengan subyek 1 orang guru fikih. Dengan informan kepala sekolah serta 3 orang siswa. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dukomentasi. Sedangkan analisis data penulis menggunakan tehnik, Data Cullection (Pengumpulan data), Data Reduction (Pengurangan data), Data Display (Penyajian data), Data Cunclosions Drawing (Penarikan kesimpulan).

Bedasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam penerapan metode demonstrasi, guru memanfaatkan ruang Mosalla. Mosalla tersebut sebagai tempat praktikum shalat berjama’ah, tentunya mengundang konsekwensi-konsekwensi tertentu, selain juga mengandung keunggulan di sisi lainnya. Terkait dengan tata cara pengaturan saf, guru meminta kepada beberapa siswa yang memperagakan salah satu menjadi imam dan yang lain menjadi makmum, pada saat memperagakan pengaturan saf siswa mampu melaksanakannya dengan baik, seperti memerintahkan para makmum untuk merapatkan safnya. Pelaksanaan cara makmum masbuk, guru SW menyampaikan materi dengan rinci serta sesekali memperagakannya kepada siswa, seperti makmum yang tertinggal saat imam sudah niat. Kemudian guru meminta kepada siswa untuk menjadi makmum masbuk di saat imam sudah berniat. Maka dengan sigap makmum tersebut mengikuti imam dengan langsung takbiratulihram. Selanjutnya guru meminta kepada mereka cara makmum masbuk di saat imam sudah rukuk, sesuai dengan penjelasan guru mereka yang sebagai makmum langsung rukuk ketika melihat imam dalam keadaan rukuk. Sementara cara mengingatkan imam yang lupa atau salah bacaan. Di mana di dalam shalat berjama’ah imam sering lupa yaitu dalam hal bacaannya, maka guru memerintahkan siswa untuk menjadi imam, kemudian guru dan siswa yang lain menjadi makmum. Di saat imam mulai membaca surah pendek ternyata imam lupa maka siswa di samping guru langsung membenarkan bacaan imam tersebut sampai imam ingat kembali. Adapun cara menggantikan imam yang batal, di sini sering ada kesalahan pada siswa. Pelaksanaannya masih terdapat kekeliruan, seperti terlambat untuk menggantikan imam yang batal, karena siswa tidak mengerti sehingga harus mengulang kembali sampai benar-benar mengerti.

Faktor Pendukung yaitu, Adanya dukungan dari sekolah yang memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih metode dan ruangan, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai, adanya repon fositif dari para siswa terhadap metode yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajran fikih pada materi sholat berjama’ah.

Faktor Penghambat yaitu. Adanya beberapa siswa yang masih belum bisa memahami materi, karena kemampuan siswa yang berbeda-beda dan tidak mendukung, kekurangan waktu dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran; metode demonstrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:15
Last Modified: 30 Aug 2016 03:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item