pengembangan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika untuk siswa SMK Kelas XI Teknik Otomotif

Supriyadi, Supriyadi (2017) pengembangan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika untuk siswa SMK Kelas XI Teknik Otomotif. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SUPRIYADI - 1201130273.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengambarkan analisis kebutuhan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika, (2) Mengambarkan spesifikasi media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika, (3) Mengambarkan kepraktisan tentang media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika, (4) Menguji keefektifan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 materi termodinamika.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi penelitian adalah kelas XI semester 1 SMK Karsa Mulya Palangka Raya Tahun Ajaran 2017/2018, sampel penelitian adalah kelas XI TKR-B berjumlah 24 orang, kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Media animasi divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan guru Fisika SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Validasi dilakukan sebanyak 2 tahap.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Penggunaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 pada kurikulum 2013 sebagai media semua mata pelajaran dapat membantu guru dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dan berdasarkan hasil angket, respon siswa sebanyak 9 orang mengatakan materi termodinamika merupakan materi yang sulit dalam pelajaran fisika pada kelas XI dengan persentase sebesar 29,03% sehingga materi yang cocok diajarkan menggunakan Adobe Flash CS6 adalah termodinamika, (2). Spesifikasi produk media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 yang memiliki tool yang mudah dipahami oleh setiap penggunanya dan menghasilkan file berekstensi “swf” yang dapat dijalankan pada perangkat komputer yang telah terinstal software videoplayer ataupun flashplayer, (3). Kepraktisan media animasi menggunakan Adobe Flash Professional CS6 dapat dilihat dari respons siswa terhadap aspek materi/isi dengan rata-rata kategori sangat tinggi sebesar 84,62%, aspek komponen kebahasaan dengan rata-rata kategori tinggi sebesar 80,38%, aspek penyajian dengan rata-rata kategori sangat tinggi sebesar 82,88 %, dan aspek kegrafikan dengan rata-rata kategori sangat tinggi sebesar 84,87 %, (4). Keefektifan media animasi menggunakan Adobe Flash CS6 dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,49 dikategorikan cukup, sehingga dapat dinyatakan pengembangan media animasi menggunakan Software Adobe Flash Professional CS6 cukup efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

ABSTRACT

This study aims to (1) describe the analysis of the needs of animation media using Adobe Flash CS6 thermodynamic material, (2) to describe the practicality of animation media using Adobe Flash CS6 thermodynamic material, (3) to describe the practicality about animation media using Adobe Flash CS6 thermodynamic material, (4) ) Testing the effectiveness of animation media using Adobe Flash CS6 thermodynamic material.
This research is a research development of Research and Development (R & D) type ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research population is XI class 1 semester SMK Karsa Mulya Palangka Raya Academic Year 2017/2018, the sample of research is class XI TKR-B amounted to 24 people, the class chosen by using purposive sampling technique. Animation media is validated by material experts, media experts and teachers of SMK Karsa Mulya Palangka Raya Physics. Validation is done in 2 stages.
The results showed that: (1). Use of ICT (Information and Communication Technology) in animation media using Adobe Flash CS6 in curriculum 2013 as media of all subjects can help teachers in increasing interest and student learning outcomes and based on the results of questionnaire, the response of students as much as 9 people say thermodynamic material is a difficult material in physics lessons in class XI with a percentage of 29.03% so that suitable material taught using Adobe Flash CS6 is thermodynamics, (2). Product specifications of animation media using Adobe Flash CS6 which has a tool that is easily understood by each user and produce file extension "swf" which can be run on computer devices that have installed software videoplayer or flashplayer, (3). The practicality of animation media using Adobe Flash Professional CS6 can be seen from student's response to material / content aspect with very high category average of 84.62%, linguistic component aspect with high category average of 80.38%, presentation aspect very high category of 82.88%, and aspects of kegrafikan with very high category average of 84.87%, (4). The effectiveness of animation media using Adobe Flash CS6 can be seen from the average value of N-Gain of 0.49 is categorized enough, so it can be stated the development of animation media using Adobe Flash Professional CS6 Software quite effectively can improve student learning outcomes in the cognitive domain and can be used in learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Aminasi
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 26 Oct 2018 03:33
Last Modified: 26 Oct 2018 03:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item