Pengaruh hasil belajar pendidikan agama Islam materi perilaku terpuji terhadap perilaku siswa kelas VII di SMPN 8 Palangka Raya

Amrullah, Ahmad Malik (2015) Pengaruh hasil belajar pendidikan agama Islam materi perilaku terpuji terhadap perilaku siswa kelas VII di SMPN 8 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (AM).pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (AM).pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (AM).pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (AM).pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (AM).pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (AM).pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan agama yang memiliki hubungan dengan kehidupan bermasyarakat. Proses dalam pembelajaran PAI seharusnya melibatkan secara aktif orang yang belajar sehingga ia dapat menyalurkan segala potensi yang mereka miliki dan mampu menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan khusus tentang ajaran agama yang bersangkutan, sehingga tujuan pendidikan akan tercapai. Pendidikan Agama Islam harus mengarah pada pembentukan pribadi muslim yang taat berilmu dan beramal.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, meliputi; (1) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas VII SMPN 8 Palangka Raya, (2) Bagaimana perilaku siswa di kelas VII SMPN 8 Palangka Raya, (3) Bagaimana pengaruh hasil belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku siswa kelas VII SMPN 8 Palangka Raya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas VII SMPN 8 Palangka Raya, (2) Untuk mengetahui perilaku siswa di kelas VII SMPN 8 Palangka Raya, (3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku siswa kelas VII SMPN 8 Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Palangka Raya yang beragama Islam sebanyak 201 Siswa, Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu Editing, Coding, Tabulating dan Analyzing.
Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) Hasil belajar dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata 76.617 sedangkan Nilai KKM 80. 48.259% (97 orang siswa) memperoleh nilai di atas nilai KKM, 51.741% (104 orang siswa) memperoleh nilai di bawah nilai KKM, (2) Dari hasil pengukuran perilaku siswa diperoleh rata-rata sekor 66.412, dari rata-rata diatas dapat diketahui bahwa siswa yang berada diatas rata-rata sebanyak 103 orang siswa dari 201 siswa sedangkan siswa yang berada di bawah rata-rata sebanyak 98 orang siswa dari 201 orang siswa; (3) Pengaruh hasil belajar terhadap perilaku siswa dari hasil korelasi yang telah dihitung ternyata tidak ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Materi Perlaku terpuji dengan perilaku siswa SMPN 8 Palangka Raya, dimana hasil perhitungan korelasi product moment rxy = 0,102 kurang dari nilai r tabel pada tabel product moment N = 201 dengan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,138 dan taraf segnifikan 1% 0,181 sehingga hipotesis penulis tidak terbukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar; perilaku; PAI; SMPN 8 Palangka Raya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:49
Last Modified: 30 Aug 2016 01:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item