Penerapan metode resitasi dan drill pada mata pelajaran akidah akhlak materi adab di tempat ibadah dan tempat umum siswa kelas V di M.I.S. Miftahul Huda I Palangka Raya

Rahmah, Rahmah (2017) Penerapan metode resitasi dan drill pada mata pelajaran akidah akhlak materi adab di tempat ibadah dan tempat umum siswa kelas V di M.I.S. Miftahul Huda I Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya oleh Saudari Siti Jumiah program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Palangka Raya tahun 2011 dengan judul penelitian: Penerapan Metode Demonstrasi dan Drill Pada Mata Pelajaran PAI SDN 3 Nanga Bulik Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau, disimpulkan bahwa guru a) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), b) metode mengajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI SDN 3 Nanga Bulik adalah metode demonstrasi dan drill. Hal ini menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang sama mengenai penerapan metode drill namun pada mata pelajaran yang berbeda yakni mata pelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Ibtidaiyah, selain itu juga peneliti melakukan penelitian mengenai penerapan metode resitasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi:1) Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode Resitasi dan Drill pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum. 2) Faktor apa yang mendukung dalam penerapan metode Resitasi dan Drill pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum. 3) Faktor apa yang menghambat dalam penerapan metode Resitasi dan Drill pada mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu adalah satu orang guru bidang studi mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V MIS Miftahul Huda I Palangka Raya dengan Objek penelitian yaitu penerapan metode resitasi dan drill pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum kelas V MIS Miftahul Huda I Palangka Raya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, diabsahkan melalui teknik tringulasi dan dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui guru menerapkan metode resitasi dan drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum sesuai dengan yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam menerapkan metode resitasi guru sudah melalui 3 fase yang harus dilakukan yaitu: 1) guru memberikan tugas/soal, 2) anak didik mengerjakan tugas yang diberikan, dan 3) siswa mempertanggung-jawabkan apa yang telah dipelajari.. Untuk materi Adab Tempat Umum, metode drill tidak diterapkan. Guru lebih menekankan pada sebab dan akibat apabila seseorang menjalankan atau melanggar adab di tempat umum.
Faktor yang mendukung dalam penerapan metode resitasi dan drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: Tujuan pembelajaran, buku paket yang tersedia, usia murid, sumber daya manusia, dan materi yang berkaitan langsung dengan perilaku kehidupan sehari-hari. Selain itu Faktor yang mendukung dalam penerapan metode drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: kelebihan yang dimiliki oleh metode drill, yaitu memiliki keterampilan yang lebih tinggi, bahan yang diberikan teratur, adanya pengawasan, bimbingan dan koreksi yang diberikan oleh guru. Pengetahuan dan keterampilan siap yang telah terbentuk sewaktu-waktu dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Faktor yang menghambat dalam penerapan metode resitasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: Kemampuan siswa yang berbeda, sifat malas dalam diri siswa, tugas yang diberikan dianggap sebagai beban dan tidak diminati oleh siswa, kurangnya rasa tanggung jawab pada diri siswa, sehingga terkadang lupa untuk mengerjakan tugas yang diberikan, kurangnya dukungan dari orang tua. Sedangkan Faktor yang menghambat dalam penerapan metode drill pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab di Tempat Ibadah dan Tempat Umum adalah: Murid belum terbiasa melakukan latihan yang diberikan oleh guru, materi latihan tidak sesuai dengan kemampuan murid, guru tidak mampu memberikan contoh praktik yang jelas, metode drill memiliki kelemahan-kelemahan seperti latihan yang dilakukan secara berulang merupakan hal yang monoton sehingga membosankan bagi siswa. Pada pelajaran menghafal siswa tidak bisa menghafal dengan baik karena metode ini tidak memerlukan berproses berpikir secara logis.

ABSTRACT

The research problems include: 1) how does the teacher implement recitation and drilling method on the Aqeedah Akhlaq subject related to adab materials in worship place and public place. 2) What factors do support the implementation of recitation and drilling method on Aqeedah Ahklaq subject related to adab materials in worship place anda public place. 3) What factors do impact the implementation of recitation and drilling method on Aqeedah Akhlaq subject related to adab materials in worship place anda public place.
This research used descriptive qualitative approach. Subject of research was one of teachers’ Aqeedah Akhlaq Subject at grade V Miftahul Huda I Islamic Elementary School Palangka Raya. The object of research was application of recitation and drilling method on the Aqeedah Akhlaq subject related to Adab materials in worship place and public place at grade Miftahul Huda I Islamic Elementary School Palangka Raya. Data were collected through observation, interviews, and documentation. Validated through triangulation technique and analyzed by data reduction stage, data presentation and conclusion.
Based on the results of research known teachers applied the recitation and drilling method on the Aqeedah Ahklaq subject related to adab materials in worship place anda public place those based Learning Implementation Plan (RPP). In the implementation of recitation method, the teacher had done through three phases, namely: 1) the teacher gave the task/assignment, 2) students did assignments, and 3) student were responsible for what they have learned.
Factors that supported the implementation of recitation and drilling method on Aqeedah Ahklaq were: The purpose of learning, textbooks were available, the age of pupils, human resources, and materials that were directly related to the behavior of daily life. Additionally factors that supported the implementation of drilling on the Aqeedah Ahklaq Subject were: the advantages possessed by the drill method. While the factors that hindered the implementation of recitation and drilling method on the Aqeedah Ahklaq were: The differences of students’ level abilities, laziness of students, the task given perceived as a burden and not in demand by students, the lack of support and parents, students did not accustom yet to do the exercises that was given by the teacher, training materials were not in accordance with the capacity of students, teachers were not able to provide a clear practice example, and weaknesses of drilling method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode resitasi dan drill; materi adab
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:37
Last Modified: 11 Oct 2018 03:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item