Ahmad, Ahmad (2015) Pengelolaan jum’at berinfaq di MTSN 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (AH).pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (AH).pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (AH).pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Pengelolaan merupakan proses menata dan mengatur terhadap segala sesuatu kegiatan agar dapat dilakukan dengan sebaik mungkin, tepat, terarah, dan tuntas serta dapat dipertanggungjawabkan. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya? (2) Bagaimana pengorganisasian jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya? (3) Bagaimana pelaksanaan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya? (4) Bagaimana pengawasan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya?
Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendiskripsikan tentang perencanaan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya. (2) Untuk mendiskripsikan tentang pengorganisasian jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya. (3) Untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya. (4) Untuk mendiskripsikan tentang pengawasan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek penelitan adalah pengelolaan jum’at berinfaq di MTsN 2 Palangka Raya. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru pengelola kegiatan infaq siswa dan sebagai informan adalah wakamad kurikulum, koordinator keagamaan, 1 orang guru BK, dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengelolaan kegiatan jum’at berinfaq di MTsN-2 Palangka Raya sudah berjalan dengan maksimal. Tetapi dalam pelaksanaannya masih ada beberapa fungsi pengelolaan yang belum berjalan dengan begitu maksimal dalam proses pengelolaan kegiatan jum’at berinfaq tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan Jum’at berinfaq sudah direncanakan dengan sangat matang mengenai jalannya kegiatan infaq jum’at, penggunaan dana terkumpul dan waktu pelaksanaan kegiatan jum’at berinfaq tersebut. (2) Tidak adanya SK atau surat keputusan struktur organisasi mengenai mengenai wewenang dan tanggung jawab orang yang bertugas untuk mengelola, melaksanakan dan mengawasi dalam kegiatan infaq tersebut. (3) Pelaksanaan kegiatan jum’at berinfaq tidak diwajibkan dan tidak ada ketentuan nominal infaq bagi peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengant bervariasinya peserta didik yang berinfaq setiap jum’atnya. (4) Fungsi pengawasan dalam kegiatan jum’at berinfaq masih belum berjalan dengan begitu maksimal. Hal tersebut dampak dari tidak adanya surat keputusan mengenai struktur organisasi orang yang berwenang untuk mengawasi kegiatan jum’at berinfaq tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: infaq; MTsN 2 Palangka Raya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 08:39 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:39 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/119 |
Actions (login required)
View Item |