Penerapan model inquiry training terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gerak lurus Kelas X Semester I SMAN-4 Palangka Raya

Misri, Misri (2017) Penerapan model inquiry training terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gerak lurus Kelas X Semester I SMAN-4 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MISRI - 1301130303.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan gerak lurus.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan jenis penelitiannya menggunakan one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pertimbangan judgment sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X IPA 6 SMAN-4 Palangka Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa, angket motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 79,05 dengan kategori baik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pretest motivasi berprestasi dan posttest motivasi berprestasi dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada tarap signifikansi alpha standar dengan nilai sig* 0,004 < 0,05, (3) terdapat perbedaan pretest hasil belajar siswa dan posttest hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada taraf signifikansi alpha standar dengan nilai sig* 0,000 < 0,05, (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan aktivitas siswa terhadap gain motivasi berprestasi menggunakan model pembelajaran inquiry training pada taraf signifikan alpha standar dengan nilai sig* 0,648 ˃ 0,05 (5) tidak terdapat hubungan yang signifikan aktivitas siswa terhadap gain hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training pada taraf signifikan alpha standar dengan nilai sig* 0,065 ˃ 0,05.

ABSTARCT

This study was aimed to investigate the implementation of Inquiry Training Model toward Achievement Motivation and Learning Outcomes of Main Material of Rectilinear Motion at the Tenth Grade Semester 1 SMAN-4 Palangka Raya.
This study was experimental design and applied one-group pretest-posttest design. The samples were taken by applying judgment sampling, namely X IPA 6 SMAN-4 Palangka Raya. The study was conducted on August-October. Observation checklist of students’ activities, questionnaires of achievement motivation, and students’ learning outcomes were used as the instruments.
The result finding revealed that (1) the mean score of the students’ activities were 79, 05 as good category; (2) there was a significant difference between the pretest and posttest of achievement motivation by implementing the inquiry training learning model at standardized alpha sig* 0,004 < 0, 05; (3) there was difference between pretest of learning outcome by implementing the inquiry training learning model at standardized alpha sig* 0,000<0,005; (4) there was no significant difference between students’ activities toward gain of achievement motivation by implementing inquiry training learning model at standardized alpha sig* 0, 648 > 0, 05; (5) there was no significant difference between students’ activities toward the gain of learning outcomes by implementing inquiry training at standardized alpha sig* 0, 065 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Inquiry Training
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:45
Last Modified: 02 Oct 2018 07:45
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1161

Actions (login required)

View Item View Item