Kemampuan siswa Kelas IV membaca surat-surat pendek mata pelajaran al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banturung kota Palangka Raya

Aderiansyah, Aderiansyah (2015) Kemampuan siswa Kelas IV membaca surat-surat pendek mata pelajaran al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banturung kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I (AD).pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (AD).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (AR).pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (AD).pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (AD).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (AD).pdf

Download (951kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan yang wajib dikuasai siswa sebagai harapan untuk menjadi anak saleh yang di antaranya pandai membaca Al-Qur’an yang semuanya menggunakan bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat adalah: 1) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV membaca huruf bertasydid pada bacaan syiddah dan gunnah musyaddadah surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya?; 2) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV membaca al-Qamariah dan al-Syamsyiah surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya?; 3) Bagaimana kemampuan siswa kelas IV membaca mad thabi’i pada surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an MIN Banturung Kota Palangka Raya?. Tujuan penelitian: a) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV membaca syiddah dan gunnah musyaddadah surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya tahun 2014; b) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV membaca al-Qamariah dan al-Syamsyiah pada surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya tahun 2014; c) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV membaca mad thabi’i surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya tahun 2014.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Banturung Kota Palangka Raya tahun 2014 yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data melalui: tes praktek, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan 4 tahapan yaitu: editing, coding, tabulating, dan analyzing.

Hasil penelitian: (1) Kemampuan siswa kelas IV membaca huruf bertasydid pada bacaan syiddah dan gunnah musyaddadah pada surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya secara keseluruhan termasuk kategori Baik dengan nilai rata-rata 71,05. (2) Kemampuan siswa kelas IV membaca al-Qamariah dan al-Syamsyiah pada surat-surat pendek mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya. Secara keseluruhan termasuk kategori Baik dengan nilai rata-rata 77,37. (3) Kemampuan membaca mad thabi’i pada surat-surat pendek kelas IV mata pelajaran Al-Qur’an Hadis MIN Banturung Kota Palangka Raya. Secara keseluruhan termasuk kategori Baik dengan nilai rata-rata 78,9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: siswa; membaca; MIN Banturung Palangka raya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:29
Last Modified: 29 Aug 2016 07:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item