Penerapan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Metode One Minute Paper terhadap hasil belajar dan keterampilan proses SAINS peserta didik pada pokok bahasan momentum dan impuls

Yulianti, Lia (2017) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Metode One Minute Paper terhadap hasil belajar dan keterampilan proses SAINS peserta didik pada pokok bahasan momentum dan impuls. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI LIA YULIANTI - 1301130297.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model discovery learning menggunakan metode one minute paper (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif, (2) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains, (3) terdapat atau tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kognitif, (4) terdapat atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar psikomotorik, (5) hasil belajar afektif menggunakan model discovery learning menggunakan metode one minute paper (6) pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning menggunakan metode one minute paper.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sampel yang dipilih yaitu kelas X IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MA Muslimat NU Palangka Raya pada bulan April sampai dengan Mei 2017. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif, tes keterampilan proses sains, lembar pengamatan hasil belajar psikomotorik, lembar pengamatan afektif, dan lembar pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning dengan metode one minute paper pada materi momentum dan impuls (2) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning dengan metode one minute paper pada materi momentum dan impuls (3) terdapat hubungan yang signifikan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning dengan metode one minute paper pada materi momentum dan impuls (4) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar psikomotorik sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning dengan metode one minute paper pada materi momentum dan impuls (5) hasil belajar afektif menggunakan model discovery learning dengan metode one minute paper pada materi momentum dan impuls, pertemuan I mendapaatkan nilai rata-rata 65,00, pertemuan II mendapatkan nilai rata-rata 78,75 dan pertemuan III mendapatkan nilai 83,13 (6) pengelolaan pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan metode one minute paper pada materi momentum dan impuls mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,02 berkategori cukup baik.

ABSTRACT

This study was aimed to study about the implementation of discovery learning model use the one minute paper method: 1) whether there is or no significant difference the students’ learning outcomes of cognitive, 2) whether there is or no significant difference skill of science process, 3) whether there is or no significant correlation between science skill process to the students’ learning outcomes of cognitive, 4) whether there is no significant difference to students’ learning outcomes of psychomotor, 5) students’ learning outcomes of affective use discovery learning model with one minute paper method, 6) study management of physic use discovery learning model with one minute paper method.
This study used experiment method with one-group pretest-posttest design and sampling jenuh as the sample of this study, the class was X IPA MA Muslimat NU Palangka Raya on April until May 2017. The instrument that used were test of cognitive learning outcomes, test of skill of science process result, observational note of psychomotor learning outcomes and observational note for management of physics learning.
The result findings showed: 1) there was significant difference of learning outcomes of cognitive study result before and after use discovery learning model with one minute paper to material of momentum and impulse, 2) there was significant difference to skill of science process before and after use discovery learning model with one minute paper at main material of momentum and impulse, 3) there was significant correlation between skill of science process toward learning outcomes of cognitive before and after use discovery learning model with one minute paper method at main material of momentum and impulse, 4) there was significant difference of learning outcomes of psychomotor before and after by using discovery learning model with one minute paper at main material of momentum and impulse, 5) learning outcomes of affective by using discovery learning model with one minute paper at main material of momentum and impulse, first meeting showed mean score 65,00, second meeting showed main score 78,75 and third meeting showed score 83,13, 6) the management of physic learning by using discovery learning model with one minute paper at main material of momentum and impulse showed main score 3,02 as fair category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, metode one minute paper hasil belajar kognitif, keterampilan proses sains
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 24 Sep 2018 05:44
Last Modified: 24 Sep 2018 05:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item