Strategi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak autis di SMPLB 1 Palangka Raya

Hasbiyaturrohmah, Hasbiyaturrohmah (2017) Strategi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak autis di SMPLB 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (774kB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan salah satu pembelajaran agama yang terdapat di sekolah umum. Berkaitan dengan adanya pendidikan agama Islam, anak dituntut untuk belajar guna mencapai kemajuan sesuai dengan yang diharapkan. Begitu pula halnya dengan anak penyandang autis. Anak autis memerlukan arahan dan bimbingan dari guru dan orangtua serta pendidikan yang intensif agar dapat tumbuh dan berkembang seperti pada anak normal umumnya. Sehingga, pada akhirnya mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dilihat dari perencanaan? (2) bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dilihat dari pelaksanaan? (3) bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dilihat dari evaluasi di SLBN 1 Palangka Raya?.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI. Informannya yakni guru autis dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data mengggunakan triangulasi untuk memperoleh informasi tentang strategi pembelajaran PAI bagi anak autis yang berjumlah 2 orang. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak autis di SMPLB 1 Palangka Raya menggunakan strategi pembelajaran individual. Hal ini dapat dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (1) Dilihat dari perencanaannnya yakni kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, dan sudah dimodifikasi oleh guru. Guru PAI mengembangkan silabus, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Program Pembelajaran Individual (PPI) yang sudah disesuaikan dengan materi dan karakteristik siswa serta kemampuan siswa autis. (2) Dilihat dari pelaksanaannya yaitu guru menggunakan strategi pembelajaran individual dan bersifat face to face. Hal ini sudah dipertimbangkan oleh guru, karena strategi ini dapat membantu konsentrasi siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan ABA (Applied Behavior Analysis). Sedangkan media yang digunakan dalam pembelajaran adalah papan tulis dan kertas. Sumber pembelajaran yang digunakan yaitu buku paket Pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dan Iqra’. Selain itu, alatnya adalah pensil, pulpen dan spidol (3) Dilihat dari segi evaluasinya, evaluasi dilakukan setelah pembelajaran dan melalui laporan individual yang dibagikan untuk orangtua siswa pada setiap bulan maupun semester.

ABSTRACT

The learning of Islamic education is one of the Islamic studies that are found in public schools. Related to the existence of Islamic education, children are required to learn to achieve progress as expected. So, the case for children with autism. Children with autism need direction and guidance from teachers and parents as well as intensive education in order to grow and develop as in normal children. So that, ultimately they are able to interact by the environment.
The problems in this research were (1) how the Islamic education study learning strategy viewed in term of planning? (2) how the Islamic education study learning strategy viewed in term of implementation? (3) how the Islamic education study learning strategy viewed in term of evaluation in SLBN 1 Palangka Raya?
The research is a qualitative descriptive approach. Subject in this study is a teacher of Islamic education subject. The informant was a teacher of autistic and headmaster. Data collected through observation, interview and documentation. Legalizing the data use a triangulation for get the information about the learning strategy of Islamic education for children with autism. Analyzing the data were data reduction, data display and conclusion.
The result showed that the learning strategy of Islamic education for children with autism in an Outstanding Middle School (SLBN 1 Palangka Raya) is either. This can be seen in terms of planning, implementation and evaluation. (1) In terms of the planning, the curriculum used was curriculum 2013, and has been modified by the teacher. The teacher create a lesson plan and Individualized Education Program that has been adapted to the material and the characterictics of the students. (2) In terms of implementation, the teacher uses individual learning strategies. The method used in the Islamic education that a lecture method, question and answer method, and ABA (Applied Behavior Analysis) methode. While the media used in learning is paper. Learning resources used are textbook in curriculum 2013 and Iqra’. In addition, the tools are pencils, pens and markers. (3) In terms of evaluation, the evaluation was conducted after the learning and through individual report were distributed to parents of students in each month or semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; pendidikan agama Islam; autis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:40
Last Modified: 19 Sep 2018 04:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item