Penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII semester I SMP-N 7 Palangka Raya tahun ajaran 2013/2014.

Anita, Sari (2014) Penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII semester I SMP-N 7 Palangka Raya tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (AS).pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (AS).pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. (AS).pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. (AS).pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (AS).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (AS).pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Kreatif dan Produktif, (2)Peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya dengan menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif, (3) Ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Kreatif dan Produktif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran siswa,tes hasil belajar siswa kognitif sebanyak 26 soal yang telah divalidasi dosen ahli dengan reliabilitas 0,725.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-4SMP-N 7 Palangka Raya yang berjumlah 28 siswa.Sampel diajarkan materi pokok zat dan wujudnya dengan menggunakan model pembelajaranKreatif dan Produktif. Sampel diberikan tesawaldanakhir pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Pengelolaan pembelajaran menggunakan pembelajaran Kreatif dan Produktifpada materi pokok zat dan wujudnya pada RPP1 mendapat nilai 3, RPP2 3,7, dan RPP3 3,9, didapat rata-rata 3,5 dengan kategori baik.(2) setelah dilakukan perhitungan gain ternormalisasi rata-rata pre test 53,28, post test 75,04, dan gain ternormalisasi 0,40, sehingga menunjukan kenaikan nilai yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif. (3) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu terdapat 13 siswa yang tuntas dari 28 siswa yang mengikuti tes hasil belajar. Secara klasikal dikatakantidak tuntas, karena hanya 46% siswa tuntas sehingga belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥85%..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:13
Last Modified: 29 Aug 2016 03:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item