Rahmah, Siti (2017) Manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD) (Studi pada PAUD RA Ashabul Kahfi Kasongan Kabupaten Katingan). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
TESIS Siti Rahmah-15013123.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada umatnya, sebagai pedoman umat Islam. AL-Qur’an merupakan pelajaran yang pertama diberikan oleh orang tua atau keluarga muslim kepada anak-anaknya. Pada hakikatnya belajar harus berlangsung sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Manajemen pendidikan berbasis AL-Qur’an pada saat ini banyak dipergunakan oleh masyarakat sebagai landasan daar untuk mengelola sebuah lembaga pendidikan, hal ini juga telah dikembangkan pada RA Ashabul Kahfi Kasongan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Penelitian ini fokus pada manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis AL-Qur’an di RA Ashabulkahfi Kasongan Kabupaten Katingan. Adapun sub fokus dalam penelitian ini adalah: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pendidikan berbasis AL-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Peneliti menggali informasi/ data yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Dalam menilai kualitas riset kualitatif terdapat beberapa prinsip yakni: Kepekaan terhadap konteks, Observasi yang dilakukan, Komitmen, keketatan, transparansi, dan kohensi. Dampak dan arti penting yaitu instrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu.
Berdasarkan temuan penelitian diperoleh fakta bahwa Perencanaan manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Al-Quran disusun melalui rapat kerja antara Pengelola Yayasan, Kepala Sekolah dan Guru pada awal tahun ajaran baru. Program kegiatan tambahan yang menjadi ciri khas PAUD RA Ashabul Kahfi Kasongan Kabupaten Katingan yakni menggunakan program Iqra‟ dan AISME. Lembaga mengembangkan 3 pilar baru dalam pengembangan layanan PAUD Holistik Integratif yakni wawasan kebangsaan, pengenalan kamtibnas dan lalu lintas, serta peningkatan landasan agama. Pelaksanaan pembelajaran didalam kelas PAUD RA Ashabul Kahfi Kasongan menggunakan model sentra. Proses pembelajaran anak usia dini diintegrasikan dengan pengembangan akhlak dan nilai-nilai keimanan serta ketaqwaan dalam diri setiap anak sesuai dengan ajaran Islam melalui kegiatan do‟a bersama, hafalan surat pendek, hafalan do‟a, hadits pendek, serta lagu Islami. Evaluasi program dibagi dalam 2 tahap yakni: supervisi internal dilakukan oleh pengelola, kepala sekolah, dan pendidik melalui kegiatan rapat evaluasi dan supervisi eksternal oleh lembaga Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Katingan untuk pengawasan dan monitoring kegiatan pembelajaran. Tahap kedua, yakni evaluasi hasil kemajuan perkembangan anak dilakukan dengan menggunakan daftar cek perkembangan anak (Buku Komunikasi) dan buku Raport akhir tahun.
ABSTRACT
Al-Qur'an is the holy book of Muslims that Allah revealed to the Prophet Muhammad SAW to be submitted to his people, as a guideline for Muslims. The Qur'an is the first lesson given by parents or Muslim families to their children. In essence learning must last a lifetime. To create a quality generation, education must be done from an early age in this case through Early Childhood Education (PAUD), which is education aimed at children from birth to age 6 years. Al Quran-based educational management is currently widely used by the community as the foundation for managing an educational institution, it has also been developed in RA Ashabulkahfi Kasongan through Early Childhood Education (PAUD).
This study focuses on the management of Early Childhood Education (PAUD) based on Al-Qur'an in RA Ashabulkahfi Kasongan, Katingan District. The sub focus in this research are: Planning, implementation, and evaluation of education management based on Al-Qur'an.
This research uses qualitative method by using descriptive analysis. Researchers dig information / data relating to the object under study. In assessing the quality of qualitative research, there are several principles, namely: Sensitivity to context, observation, Commitment, tightness, transparency, and cohency. The impact and significance of the instrument or research tool is the researcher.
Based on the research findings, it is found that the management planning of early childhood education based on Al-Quran is prepared through work meeting between Foundation Manager, Principal and Teacher at the beginning of the new school year. Additional program activities that characterize early childhood RA Ashabulkahfi Kasongan Katingan District that is using the program Iqra "and AISME. The Institute develops 3 new pillars in the development of Integrative Holistic Early Childhood services namely national insight, kamtibnas and traffic recognition, and improvement of religious foundation. Implementation of learning in the early childhood classes RA Ashabulkahfi Kasongan using the center model. Early childhood learning process is integrated with the development of morals and values of faith and devotion in each child according to Islamic teachings through the activities of do "a together, memorize short letters, memorize do" a, hadith short, and Islamic songs. The evaluation of the program is divided into 2 stages: internal supervision by managers, principals, and educators through external evaluation and supervision meetings by the Education Office and Regional Office of the Ministry of Religious Affairs of Katingan Regency for monitoring and monitoring of learning activities. The second stage, which is the evaluation of child development progress, is done by using checklist of child development (Communication Book) and Year-end Raport book.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); AL-Quran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 06:35 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 06:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1061 |
Actions (login required)
View Item |