Manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya

Rahmadi, Rahmadi (2017) Manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya merupakan madrasah paling maju di Kota Palangka Raya, tapi tenaga pendidiknya terdapat kelebihan dan kekurangan di mata pelajaran tertentu serta tidak semua mengajar sesuai dengan disiplin ilmu, oleh sebab itu yang menjadi fokus penelitian adalah Manajemen Tenaga Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya bagaimana manajemen tenaga pendidik di madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya, dan apa faktor penghambat dalam manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya, serta bagaimana cara mengatasi faktor penghambat dalam manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Tujuan penelitian ini pertama untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen tenaga pendidik, kedua untuk mendeskripsipkan dan menganalisis faktor penghambat dalam manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya, ketiga untuk mendiskripsikan dan menganalisis cara mengatasi faktor penghambat dalam manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya.
Penelitian ini bentuk kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diwawancarai yaitu kepala madrasah dan tenaga pendidik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka ditemukan sebagai berikut: 1. Manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya adalah manajemen berbasis madrasah yang diterapkan dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dengan mengedepankan pola pengambilan keputusan secara partisipatif dan bersifat bottom up supaya terciptan iklim kerja yang kondusif, pelaksanaan otonomi madrasah, pelaksanaan akuntabilitas pelaksanaan program, kepemimpinan yang demoratris dan profesional serta membangun kerja sama yang harmonis dengan tenaga pendidik, sehingga terwujud tujuan pendidikan madrasah. 2. Faktor penghambat dalam manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya meliputi a. Madrasah masih kurang tenaga pendidik yang profesional, b. waktu dan dana dalam melaksanakan pelatihan atau pembinaan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik di madrasah kurang memadai. 3. Cara mengatasi faktor penghambat dalam manajemen tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya meliputi a. Kepala madrasah menjalin kerja sama dengan tenaga pendidik dari luar dan mengangkat tenaga pendidik tidak tetap (guru honor) serta tenaga pendidik diharuskan selalu diikutsertakan dalam kegiatan meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang diselenggarakan di madrasah maupun di lembaga-lembaga lain tingkat kota, provinsi dan nasional. b. Melaksanakan kegiatan dalam meningkatkan mutu yang lebih prioritas dan mempersingkat waktu sesuai dengan dana yang tersedia.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya City is the most advanced school in Palangka Raya city. Nonetheless, the educators have the advantage and the disadvantage in certain subjects, and some of them do not teach the related subject to their discipline. Therefore, the focus of the research is The Management of Educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya City.
Based on the background, the formulation of the research is how the management of educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya is, what factors restrict the management of educators at Madrasah TsanawiyahNegeri 1 Kota Palangka Raya, and how to solve the restrictive factors in the management of educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. The purposes of the research are to describe and to analyze (1) the management of educators, (2) the restrictive factors in the management of educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya City, (3) the method to solve the restrictive factors in the management of educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya City.
The research is qualitative descriptive. The technique of data collecting is through observation, interview, and documentation. The interviewed data sources are the principal and the educators.
Based on the result of the research and the discussion, it is found as follows: 1. The Management of educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya City Great is management base on applied madrasah of planning, organizing, actuating, and controlling by placing forward decision making pattern partisipatively and have the character of bottom up is so that created by activity climate which is condusif, execution of autonomy of madrasah, acuating of akuntanbility, acuating of program, professional and democratic leadership and also develop; build harmonious activity with educators so that form of is target of harmonious education. 2. The restrictive factors in the management of educators at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palangka Raya City include a. the lack of professional human resources in the school, b. the lack of fund and time in holding training and coaching to improve the quality of the inadequate educators, 3. To solve the restrictive factors in the management of educators includesa. the principal cooperates with the external educator and appoints him/her as a non-permanent teacher (honorarium), as well as the educators must be always engaged in the activity that increase the educators’ quality, which are held by the school or the other institution in local, province, and national level, b. the principal implements the intensive activity to improve the moreprioritized quality of educatorsrelating to the available fund.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tenaga Pendidik
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:11
Last Modified: 06 Jul 2018 08:11
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item