Pengaruh gaya kepemimpinan situasional pimpinan sekolah terhadap kompetensi profesional dan kinerja guru SMK di Kab. Katingan

Lamiang, Lamiang (2017) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional pimpinan sekolah terhadap kompetensi profesional dan kinerja guru SMK di Kab. Katingan. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
TESIS LAMIANG-15013108.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan juga merupakan pola tingkah laku seorang pemimpin dalam proses mengerahkan dan mempengaruhi para pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah telling (x1), selling (x2), participating (x3) dan delegating (x4) dari gaya kepemimpinan situasional pimpinan sekolah secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan variabel terikat (kompetensi guru (y1) dan kinerja guru (y2), di SMK-SMK Kabupaten Katingan. Gaya kepemimpinan situasional merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang diterapkan dengan memahami kesiapan atau kematangan guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif ex-post facto karena hanya mengungkapkan data peristiwa yang sudah berlangsung dan telah ada pada responden tanpa memberikan perlakukan. Adapun variabel yang diteliti yaitu seberapa besar pengaruh variabel bebas (kepemimpinan kepala sekolah) yang terdiri atas telling (x1), selling (x2), participating (x3) dan delegating (x4) terhadap variabel terikat (kompetensi guru (y1) dan kinerja guru (y2)). Data ketiga variabel tersebut diukur melalui angket sebagai instrumen utama penelitian. Selanjutnya, digunakan analisis korelasi kanonikal untuk menjawab masalah penelitian. Langkah-langkah dalam analisis analisis korelasi kanonikal adalah 1) pengujian secara individual; 2) pengujian secara kelompok; dan 3) Interpretasi kanonikal variates yang meliputi kanonikal Weights dan kanonikal Loadings. Analisis ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan secara bersama/kolektif faktor gaya kepemimpinan situasional pimpinan sekolah yang meliputi telling, selling, participating dan delegating dengan kompetensi profesioanal guru dan Kinerja Guru SMK se-Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Pengolahan data korelasi kanonikal menggunakan program SPSS 16. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 90 guru dari 4 SMK di Kabupaten Katingan, yaitu SMKN – 1 Katingan Hilir, SMKN – 2 Katingan Hilir, SMKN – 1 Sanaman Mantikei dan SMK GKE AGRI Karya Bakti Tumbang Lahang di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Sebelum uji hipotesa, dilakukan uji asumsi seperti uji normalitas (p >0.050), multikolinearitas (VIF < 10), dan uji linieritas (sig. > 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Variabel Telling (x1) memberikan pengaruh negatif sebesar -0. 10105 pada kompetensi professional guru (y1), tetapi memberikan pengaruh positif pada kinerja guru (y2) sebesar 0.20842. (b) Variabel Selling (x2) memberikan pengaruh negatif sebesar -0. 09074 pada kompetensi professional guru (y1), tetapi memberikan pengaruh positif pada kinerja guru (y2) sebesar 0. 48314. (c) Variabel Participating sama-sama memberikan pengaruh positif pada kedua dependen variabel. Variabel Participating (x3) memberikan pengaruh positif sebesar 0.61648 pada kompetensi professional guru (y1), dan juga memberikan pengaruh positif pada kinerja guru (y2) sebesar 0. .60011. Artinya semakin baik gaya kepemimpinan pimpinan sekolah dengan participating (x3), semakin baik pula kinerja guru (y2); dan kompetensi professional guru (y1). (d) Variabel delegating (x4) memberikan pengaruh negatif sebesar -0.82885 pada kompetensi professional guru (y1), tetapi memberikan pengaruh positif pada kinerja guru (y2) sebesar 0. 32603. Selain itu, hasil analisis korelasi kanonik untuk faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi professional guru (y1) dan kinerja guru (y2) adalah participating (x3) delegating (x4) telling (x1) dan selling (x2). Berdasarkan analisis korelasi kanonik dapat diperoleh hasil bahwa dalam hubungan peningkatan kompetensi professional guru dan kinerja guru, variabel indikator pada variabel gaya kepemimpinan pemimpin sekolah adalah variabel participating (x3) Sehingga dapat dikatakan bahwa, semakin tinggi participating gaya kepemimpinan pemimpin sekolah hal akan diikuti pula dengan semakin tinggi peningkatan kompetensi professional guru dan kinerja guru, dan sebaliknya.

ABSTRACT

Leadership style is a behavior pattern of a leader in the process of moving and influencing workers. The study is aimed at measuring whether there is an effect or not among the independent variables (the principal situational leadership style consisting of telling (x1), selling (x2), participating (x3), and delegating (x4) toward teachers’ professional competency (y1) and teachers’ performance (y2) at Vocational Schools of Katingan Regency, Central Kalimantan. The principal situational leadership style is a leadership style applied by understanding the teachers’ readiness and maturity in carrying out their job at school. The study belongs to descriptive ex-post facto research, since it explores the existing data on the respondents without giving treatment. The variable observed in the study is that how weight the effectiveness of independent variable (the principal situational leadership style) toward the dependent variables (teachers’ professional competency and teachers’ performance). The data of three variables are measured through questionnaire as the main research instrument. Then, the canonical correlation analysis and MANOVA statistical test at alpha level of 5% (1 and 2-way), with the tools SPSS 16, is applied to answer the research problems. The steps in conducting the canonical correlation analysis are: 1) testing individually; 2) testing in group; and 3) canonical variety interpretation including canonical kanonikal Weights and canonical Loadings. This analysis is used to determine how much influence among the variables comprising two groups of variables. The number of respondents are 90 teachers of four Vocational Schools at Katingan Regency, namely SMKN – 1 Katingan Hilir, SMKN – 2 Katingan Hilir, SMKN – 1 Sanaman Mantikei and SMK GKE AGRI Karya Bakti Tumbang Lahang at Katingan Regency, Central Kalimantan. Before testing hypothesis, the test of assumption is done such as normality test (p >0.050), multi collinearity (VIF < 10), and linearity lest (Sig. > 0,05).
The findings revealed that (a) the telling variable (x1) gave negative effect about -0. 10105 on teacher’s professional competence (y1); however, it gave positive effect on teacher’s performance (y2) as 0.20842. (b) Selling variable (x2) gave negative effect about -0. 09074 on teacher’s professional competence (y1); however, it gave positive effect on teacher’s performance (y2) as 0. 48314. (c) Participating variable gave positive effect to both variables as many as 0.61648 on teachers’ professional competency (y1) and 0. 60011 on teachers’ performance (y2). It meant the better on participating leadership style, the better teachers’ professional competency (y1) and teachers’ performance (y2). (d) The delegating variable (x4) gave negative effect about -0.82885 teachers’ professional competency (y1); however, it gave positive effect on teacher’s performance (y2) as 0. 32603. Besides, the result of correlational canonical analysis for the factors influencing teacher’s professional competence (y1) and teacher’s performance (y2) were participating (x3) delegating (x4) telling (x1) dan selling (x2). Based on the result of correlational canonical analysis, it was obtained that in terms of the correlation among teachers’ professional competency (y1) and teachers’ performance (y2), the indicator variable on school principal leadership style was participating variable (x3). Therefore, it could be concluded that the higher partipating on school principal leadership style, the higher the teacher’s professional competence (y1) and teacher’s performance (y2) or conversely.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah; Kompetensi profesional Guru; Kinerja Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:01
Last Modified: 04 Jul 2018 02:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item