Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Pada Pokok Bahasan Bunyi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palangka Raya Semester II Tahun Ajaran 2013/2014.

Tati, Tati (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Pada Pokok Bahasan Bunyi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Palangka Raya Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (TT).pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Pendahuluan (TT).pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Kajian Pustaka (TT).pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III Metode Penelitian (TT).pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV Hasil Penelitian (TT).pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V Saran (TT).pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktifitas siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell pada pokok bahasan bunyi, (2) Hasil belajar fisika setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell pada pokok bahasan bunyi, dan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran fisika melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell pokok bahasanbunyi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi kelas VIII dan Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-8 semester IISMP Negeri 2 Palangka Raya berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan aktifitas siswa dan tes hasil belajar (THB) kognitif siswa, dengan instrumen tes berjumlah 30 butir soal pilihan ganda dengan 4 option dari 50 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Aktifitas siswa menggunakan pembelajaran the learning cell pada pokokbahasan bunyi didapat nilai rata-rata 3,5.(2) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu didapat 16 siswa yang tuntas (54%), dan 14 siswa tidak tuntas (46%). Secara klasikal pembelajaran aktiftip e the learning cell dikatakan tidak tuntas, karena hanya 53,33% siswa tuntas sehingga belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥80%. TPK kognitif yang tuntas sebanyak 15 TPK dari 23 TPK. (3) Respon siswa menyatakan 93,3% setuju bahwa strategi pembelajaran aktif tipe the learning cell membuat siswa aktif, baru, dan menyenangkan. Siswa menyatakan 93,3% setuju bahwa lembar bacaan yang diberikan dapat membantu dalam pembelajaran the learning cell.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 25 Aug 2016 09:34
Last Modified: 26 Aug 2016 01:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item