Ridwan, Ridwan (2017) Penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Tesis Ridwan.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor utama dalam mengelola program sekolah adiwiyata karena dengan lokasi sekolah yang sempit kurang subur dan posisi tanah miring namun SMA Negeri 1 Pangkalan Bun berhasil meraih perghargaan adiwiyata nasional sehingga menarik untuk diteliti tentang penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata.
Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah: 1. menyusunperencanaanprogramsekolah adiwiyata? 2. mengelola guru danstafdalamrangkapelaksanaanprogramsekolah adiwiyata? 3. mengelolapengembangankurikulumyang diintegrasikan dengan programsekolah adiwiyata? 4. melakukan evaluasi pelaksanaan program sekolah adiwiyata? Dengan tujuan Ingin menelaah Penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah: 1. menyusunperencanaanprogramsekolah adiwiyata. 2. mengelola guru danstafdalamrangkapelaksanaanprogramsekolah adiwiyata. 3. mengelolapengembangankurikulumyang diintegrasikan dengan programsekolah adiwiyata. 4. melakukan evaluasi pelaksanaan program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi sumber, metodedanteori.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kepala sekolah bersama dewan guru menyusun perencanaan program sekolah adiwiyata melalui proses sosialisasi program, pembentukan kelompok kerja adiwiyata, dan memiliki dokumen program sekolah adiwiyata. (2) Dewan guru. TU, siswa, dan Komite sekolah berperan aktif dalam pelaksanaan program sekolah adiwiyata dengan bukti dokumen pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, gotong royong, penghijauan, kegiatan sarapan pagi bersama setiap sabtu. (3) Kepala sekolah bersama guru dan mitranya telah memiliki dokumen kurikulum, silabus dan RPP yang diintegrasikan dengan program sekolah adiwiyata yang diterapkan melalui kegiatan Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler. (4) Kepala sekolah bersama Tim adiwiyata dan dewan guru melakukan evaluasi pelaksanaan program sekolah adiwiyata secara rutin langsung ke lapangan serta melakukan pertemuan serta tindak lanjut dari hasil temuan. Hasilnya adalah meraih penghargaan sekolah sehat, sekolah bersih, penghargaan adiwiyata nasional, disiplin siswa yang tinggi, perubahan perilaku siswa memungut dan membuang sampah pada tempatnya, penerapan 5 S ( salam, senyum, sapa, sopan, santun).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi manajerial; kepala sekolah; sekolah adiwiyata |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 01:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 01:28 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/896 |
Actions (login required)
View Item |