Pengaruh kemampuan membaca al-qur’an terhadap kemampuan memahami hukum tajwid siswa Kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya

Hadi Purwanto, Hadi (2017) Pengaruh kemampuan membaca al-qur’an terhadap kemampuan memahami hukum tajwid siswa Kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Hadi.docx

Download (10MB)

Abstract

Membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, sesuai dengan aturan tajwid merupakan fardhu ‘ain atau kewajiban pribadi. Artinya siapa yang tidak membacanya dengan menggunakan aturan tajwid maka ia berdosa. Oleh karenanya, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih dalam tentang pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap kemampuan memahami hukum tajwid siswa. Adapun permasalah yang diangkat adalah: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas XI SMK Karsa Mulya Palangka Raya?; (2) Bagaimana kemampuan memahami hukum tajwid siswa kelas XI SMK Karsa Mulya Palangka Raya?; dan (3) Apakah ada pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap kemampuan memahami hukum tajwid siswa kelas XI SMK Karsa Mulya Palangka Raya?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui: editig, tabulating, dan coding.

Hasil penelitin ini adalah: (1) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya adalah sebesar 67,48 berada pada interval 62.52 – 81.27 termasuk dalam kategori mampu. dari total 37 siswa yang diteliti 11 siswa (29,73%) memiliki berkategori sangat mampu, 9 siswa (24,32%) berkategori mampu, 13 siswa (35,14%) berkategori kurang mampu, dan 4 siswa 10,81% yang memiliki kemampuan membaca al-Qur’an berkategori tidak mampu. (2) Kemampuan memahami hukum tajwid siswa kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya adalah sebesar 57,77 berada pada interval 51 – 75 termasuk dalam kategori paham. Dari total 37 siswa yang diteliti 10 siswa (27,03%) berkategori sangat paham, 9 siswa (24,32%) paham, 18 siswa (48,65%) berkategori kurang paham, dan tidak ada siswa atau 0 siswa (0%) yang memiliki kemampuan memahami hukum tajwid berkategori tidak paham. (3). Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca al-Qur’an terhadap kemampuan memahami hukum tajwid siswa kelas XI di SMK Karsa Mulya Palangka Raya, hal ini terlilihat dari perolehan thitung sebesar 5,728 lebih besar dari ttabel baik pada signifikansi 5% (2,030) maupun pada taraf 1% (2,724). Adapun hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa dengan perolehan angka korelasi product moment (rxy) sebesar 0,743 lebih besar dari rtabel yang menggunakan db atau df =35, baik pada signifikansi 5% (0,325) maupun pada taraf 1% (0,418), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; kemampuan membaca Al-Qur’an; hukum tajwid; SMK Karsa Mulya Palangka Raya
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 13 Nov 2017 03:40
Last Modified: 13 Nov 2017 03:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item