Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian siswa di Kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya

Bhayangkari, Yulia (2017) Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian siswa di Kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yulia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan adalah pelajaran biologi termasuk pelajaran pokok dalam bidang IPA di Madrasah Aliyah. Struktur dan jaringan pada tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun dan buah. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep IPA pada konsep struktur dan jaringan pada tumbuhan yang dicapai siswa kelas XI IPA MA Muslimat NU, maka peneliti melakukan pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif. Multimedia Interaktif yang disesuaikan dengan kemampuan siswa untuk proses belajar Biologi diperlukan pendekatan, metode, dan media agar siswa lebih aktif belajar dan berbuat untuk memahami konsep, prinsip-prinsip Biologi sehingga diharapkan penguasaan konsep siswa lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep dan kemandirian siswa di kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya. Manfaat dari penelitian ini bagi siswa adalah untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), rancangan yang menggunakan siklus I dan siklus II. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian terdiri dari I Kelas XI IPA MA Muslimat NU dengan menggunakan media gambar Multimedia Interaktif. Data dikumpulkan dengan metode tes, dan dokumentasi.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa Peningkatan penguasaan konsep pada siklus I rata-rata penguasaan konsep siswa adalah 70, meningkat 5 angka pada siklus II menjadi 75. Jadi, terdapat perbedaan penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan pada siklus I dan II dengan menggunakan multimedia Interaktif pada kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya. Kemandirian siswa dapat dilihat dari proses pembelajaran dengan menggunakan kaset DVD multimedia interaktif termasuk kategori baik namun tidak hati-hati sebanyak 16 orang. Hal ini terlihat dari rata-rata keseluruhan sebesar 43%. Siswa menggunakan kaset DVD multimedia interaktif termasuk kategori sangat baik dan hati-hati sebanyak 4 orang dengan presentasi sebesar 16%. Siswa menggunakan kaset DVD multimedia interaktif termasuk kategori baik dan hati-hati sebanyak 15 orang dengan presentasi sebesar 41%. Multimedia Interaktif yang disesuaikan dengan kemampuan siswa untuk proses belajar biologi diperlukan pendekatan, metode, dan media agar siswa lebih aktif belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep; kemandirian; multimedia interaktif; struktur dan fungsi jaringan tumbuhan; biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060702 Plant Cell and Molecular Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:31
Last Modified: 06 Nov 2017 02:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item