Pengaruh model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan bantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah Kelas VIII SMPN-1 Cempaga

Haryati, Isnani (2017) Pengaruh model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dengan bantuan media animasi terhadap hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah Kelas VIII SMPN-1 Cempaga. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Isnani.pdf

Download (884kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari rendahnya hasil belajar siswa materi sistem peredaran darah yang disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang tidak bervariasi sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui: 1) aktivitas guru selama menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) keterlaksanaan pembelajaran selama menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017, 4) pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, jenis kuasi eksperimen dan menggunakanNon-Equivalent Control Group Design.Instrumen yang digunakan adalah: 1) lembar pengamatan aktivitas guru, 2) lembar pengamatan aktivitas siswa, 3) lembar keterlaksanaan pembelajaran), 4) Tes Hasil Belajar (THB) kognitif.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) aktivitas guru selama menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasimateri sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017adalah aspek 11 yaitu membimbing kelompok dengan skor sebesar 25%, 2) aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017adalah aspek 8 yaitu siswa bekerjasama mengerjakan LKS dalam kelompok belajar sebesar 42,45%, 3) keterlaksanaan pembelajaran selama menggunakan model pembelajaran NHT dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017 termasuk kategori cukup baik, 4)terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Number Heads Together dengan bantuan media animasi materi sistem peredaran darah kelas VIII SMPN-1 Cempaga Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan nilai Signifikankurang dari nilai alpha (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Number Heads Together (NHT); media animasi; sistem peredaran darah; hasil belajar; biologi
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1116 Medical Physiology > 111602 Human Biophysics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 25 Oct 2017 08:12
Last Modified: 25 Oct 2017 08:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item