Komparasi hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek pada materi dunia tumbuhan peserta didik Kelas X MIPA MAN Model Palangka Raya

Sari, Ayu Purnama (2017) Komparasi hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek pada materi dunia tumbuhan peserta didik Kelas X MIPA MAN Model Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ayu.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi dunia tumbuhan yang dianggap banyak terdapat nama-nama ilmiah yang sulit untuk dipahami dan diingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik MAN Model Palangka Raya yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran berbasis proyek.

Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan Nonroundomized Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu 35 peserta didik pada kelas X.MIPA.3 dan 36 peserta didik pada kelas X.MIPA.4. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif dan lembar penilaian proyek untuk mengukur kemampuan psikomotorik. Analisis data menggunakan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas X.MIPA 3 MAN Model Palangka Raya dengan model pembelajaran berbasis masalah berkategori sedang. 2) Hasil belajar peserta didik kelas X.MIPA 4 MAN Model Palangka Raya dengan model pembelajaran berbasis proyek berkategori tinggi. 3) Berdasarkan analisis uji hipotesis dengan taraf signifikasi 0,05 pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik thitung>ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Berbasis Proyek pada materi dunia tumbuhan (Plantae) di kelas X MIPA MAN Model Palangka Raya baik aspek kognitif dan aspek psikomotorik pada tahun 2016/2017. Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif diterapkan dalam proses pembelajaran biologi dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan psikomotorik peserta didik berdasarkan instrumen penilaian proyek menunjukkan bahwa kelas pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan kelas pembelajaran berbasis proyek.

ABSTRACT

This research has background from a lack of student understanding towards plant world materialsthose are considered many scientific names which are difficult to understand and to remember. This research aims to know or whether there are not difference in learning outcomes by student of MAN Model Palangka Raya who given treatment with Problem Based Learning Model and Project Based Learning.

This research used quasi experimental method and the research design used Nonroundomized Control Group Pretest-Posttest Design. The sampling techniques are used Purposive Sampling. The number of samplings are second class are 35 students at X MIPA 3 and 36 students at X MIPA 4. The instruments used namely objective question to measure the cognitive ability and project evaluation sheets to measure the psychomotor ability. Data analysis is used hypothesis test.

The results showed that: 1) Student learning outcomesat X MIPA 3 MAN Model Palangka Raya with Problem Based Learning Model has a medium categorized. 2) Student learning outcomesat X MIPA 4 MAN Model Palangka Raya with Project Based Learning has a high categorized. 3) Based on the hypothesis testanalysis with 0,05 significance level where in cognitive and where in psychomotor tcount>ttable so indicates that there is difference between the results of the student learning by using Problem Based Learning Model with project based learning on Plant World Materials (plantae) at X MIPA MAN Model good in cognitive and psychomotor aspect in 2016/2017. Project based learning model than effective in Biology learning better than problem based learning and student psychomotor ability based on project assessment instrument indicates that problem based learning class better than the project based learning class.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; model pembelajaran berbasis proyek; hasil belajar; biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:55
Last Modified: 25 Oct 2017 03:59
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item