Dwi Aprilia, Astupura (2014) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya Siswa Kelas VIII Semester II SMPN I Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (DA).pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (DA).pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (DA).pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (DA).pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (DA).pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (DA).pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycle,(2) Motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaranlearning cycle, (3) Keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle, (4) Hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran learning cycle,(5) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar kognitif, (6) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sainsterhadap hasil belajar kognitif, (7) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasiterhadap keterampilan proses sains, (8) Terdapat tidaknya hubungan yang signifikan antaramotivasidan keterampilan proses sains secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2013/2014, dan sampel penelitian adalah kelas VIII-6 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, angket motivasi belajar siswa, tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar kognitifsiswa. Analisis data menggunakan program Microsoft excel dan SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 3,41 (2) Motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran learning cycletermasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 51 (3) Keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 58 (4) Hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran learning cycle pada materi pokok cahaya dapat menuntaskan 40% siswa dan 60% siswa tidak tuntas dengan ketuntasan TPK sebesar 39% tuntas dan 61% tidak tuntas (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi terhadap terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,016 dalam kategori sangat rendah (6) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,491 dalam kategori sedang (7) Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi terhadap keterampilan proses sains dengan koefisien korelasi sebesar -0,119 dalam kategori sangat rendah (8) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan keterampilan proses sains secara bersama – sama terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung sebesar 6,074 dalam kategori sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 09:38 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 09:38 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/84 |
Actions (login required)
View Item |