Khairiyah, Salehatul (2017) Penetapan harga buah berdasarkan klasifikasi konsumen menurut etika bisnis Islam (studi pada pedagang buah di Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
SKRIPSI Salehatul.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Harga adalah sejumlah kompensasi (uang maupun barang) yang dibutukan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa. Harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya yang telah dikeluarkan untuk produksi ditambah besarnya presentase laba yang diinginkan dalam ekonomi Islam, penetapan harga suatu komoditas berupa barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan tidak boleh mendzalimi pemilik atau pemberi pelayanan jasa dan tanpa memberatkan pembeli atau pengguna jasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penetapan harga yang dilakukan pedagang buah yang berdasarkan klasifikasi konsumen menurut etika bisnis Islam, yaitu (1) Mendeskripsikan penetapan harga yang dilakukan pedagang buah di Kelurahan Kalampangan; (2) mendekripsikan yang melatarbelakangi pedagang buah dalam menetapkan harga; (3) Mendekripsikan pentapan harga yang dilakukan berdasarkan klasifikasi konsumen menurut etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi: subjek penelitian dan informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi ata, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Mayoritas para pedagang buah tradisional di Kelurahan Kalampangan dalam menetapkan harga tidak pernah ada rapat untuk menyepakati setiap harga buah yang akan dijual, akan tetapi kisaran harga di antara para pedagang tidak jauh berbeda; (2) Latar belakang para pedagan buah Tradisional dalam menetapkan harga buah adalah melihat dari beberapa aspek, yaitu modal, kualitas buah, dan harga pesaing. Namun tidak jarang ada juga pedagang buah yang menetapkan harga buah melihat dari penampilan para konsumennya; (3) Penetapan harga berdasarkan klasifikasi konsumen menurut etika bisnis Islam yang dilakukan oleh sebagian pedagang buah tradisonal di Kelurahan Kalampangan terhadap konsumen dengan cara membeda-bedakan harga jual antara konsumen yang menggunakan mobil, motor, dan jalan kaki, seharusnya transaksi tersebut dihindari karena tidak layak apabila membeda-bedakan. Lain halnya pedagang bersedekah kepada pembeli maka hal itu sangat dianjurkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penetapan harga; klasifikasi; etika bisnis Islam; ekonomi Islam; Islamic business ethics |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012726 Islamic Stock Market 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 07:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 07:27 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/795 |
Actions (login required)
View Item |