Pengaruh promosi produk tabungan kurban terhadap minat berkurban di Nurul Fikri Zakat Center Kota Palangka Raya

Alisha, Nanda (2017) Pengaruh promosi produk tabungan kurban terhadap minat berkurban di Nurul Fikri Zakat Center Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NANDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ibadah kurban diperintahkan sebagai suatu upaya memberikan kemudahan serta kenikmatan bagi seluruh masyarakat pada hari raya Idul Adha. Biaya berkurban memang tidak kecil, sehingga banyak masyarakat yang merasa berat untuk berkurban, bahkan masyarakat yang memiliki kelebihan harta. Produk tabungan kurban muncul sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin berkurban dengan menawarkan banyak manfaat. Promosi produk tabungan kurban ini terus dilakukan untuk mendapatkan nasabah tabungan kurban lebih banyak lagi setiap tahunnya.

Penelitian ini difokuskan pada bagaimana pengaruh promosi produk tabungan kurban terhadap minat masyarakat untuk berkurban di Nurul Fikri Zakat Center. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi produk tabungan kurban terhadap minat masyarakat untuk berkurban di Nurul Fikri Zakat Center Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan kurban di Nurul Fikri Zakat Center pada tahun 2016. Sampel yang diambil untuk mendukung penelitian ini berjumlah 30 responden dengan teknik penarikan sampel yaitu sampling jenuh. Sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan teknik Kolmogorov smirnov dan Q-Q Plot. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, promosi produk tabungan kurban memiliki hubungan yang cukup kuat dengan minat berkurban, hal ini berdasarkan hasil koefisien korelasi product moment yaitu sebesar 0,436. Diperoleh pula nilai sig. 0,016 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian uji regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi 0,190 yang artinya pengaruh promosi terhadap minat berkurban adalah sebesar 19,00%. Diperoleh pula nilai t hitung sebesar 2,566 yang mana lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi produk tabungan kurban mempengaruhi secara signifikan minat berkurban.

ABSTRACT

Sacrificial worship commanded as an effort to provide convenience and enjoyment for the whole society at the feast of Eid Adha. The cost of sacrifice is not small. So many people feel heavy to sacrifice, even people who have excess wealth. Sacrificial savings product appear as an alternative for people who want to sacrifice by offering many benefits. Promotion sacrificial savings product is always continued to get more savings account customers each year. This study is focused to how promotion sacrificial savings product influences the interes of sacrifice at Nurul Fikri Zakat Center Palangka Raya City. The purpose of this study is to know how the influence promotion sacrificial savings product toward the interest of sacrifice at Nurul Fikri Zakat Center Palangka Raya City.

This study uses quantitative approach with expost facto research type. The populations of this study are savings account customers at Nurul Fikri Zakat Center Palangka Raya City in 2016. The samples are taken to support this study its consisted of 30 respondents with sampling technique is saturated sampling. While the prerequisite test using normality test with Kolmogorov Smirnov technique and Q-Q Plot. Data analysis technique used is the Product Moment correlation and simple regression using SPSS 22 application.

The result show that promotion sacrificial savings product has a strong enough relationship toward the interest of sacrifice, it is based on the product moment correlation coefficient of 0,436. Also obtained value of sig. 0,016 which mean there is a significant relationship. Then a simple regression test shows value of the coefficient of determination 0,190 which mean the influence promotion towards the interest of sacrifice is 19,00%. Also obtained value of t count is 2,566 which mean bigger than t table. So it can be concluded that promotion sacrificial savings product influences significantly the interest sacrifice.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi; minat berkurban; tabungan; ekonomi Islam; the interest of sacrifice
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:20
Last Modified: 18 Sep 2017 04:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item