Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester I Di SMAN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014

Muhammad Sukma, Rohim (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester I Di SMAN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
halaman judul sd daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.Pendahuluan.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. Pembahasan.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. Metode Penelitian.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V. Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui perbedaan hasil belajar belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, (b) mengetahui pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dan pengelolaan pembelajaran konvensional, (c) mengetahui respon siswa terhadappembelajarankooperatiftipeinvestigasikelompok kelas eksperimen dan pembelajarankonvensional kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, angket pengelolaan pembelajaran dan angket respon siswa. Butirsoalteshasilbelajarberjumlah 15soal yang valid dan 5 soal yang tidakvalid dengan tingkat reliabilitas soal 0,835 kategori tinggi. Populasi penelitian adalahkelas XI-IA semester 1 SMAN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014dan sampel penelitian adalah kelas XI-IA3 berjumlah 32siswasebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA1berjumlah 35 siswasebagai kelas kontrol. Analisis data THB tesawal dan tesakhir menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok memiliki rata-rata 81,94, sementara siswa yang belajar di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 70,42. Analisis hipotesis pada tesakhir,gain dan N-gain menunjukkan ada perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. (2) penilaian pengelolaan pembelajaran guru fisika secara keseluruhan pada pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di dapat rata-rata 3,42 (85,5%) dengan kategori baik, sedangkan penilaian pengelolaan pembelajaran guru fisika secara keseluruhan pada pembelajaran konvensional didapat rata-rata sebesar 3,41 (85,3%) dengan kategori baik dan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada umumnya siswa merasa senang (57,7%), merasa baru suasana belajar dikelas (65,4%) dan merasa baru cara guru menyampaikan materi pelajaran (80,8%). Respon siswa setelah pembelajaran fisika terhadap pendekatan konvensional pada umumnya siswa merasa senang (29,2%), siswa merasa baru suasana belajar di kelas (79,2%) dan merasa senang cara guru menyampaikan materi pelajaran (50%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 18 Aug 2016 06:31
Last Modified: 18 Aug 2016 06:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item