Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa melalui pokok bahasan pesawat sederhana di SMP Negeri-4 kelas VIII semester II Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016

Boby, Boby (2016) Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa melalui pokok bahasan pesawat sederhana di SMP Negeri-4 kelas VIII semester II Palangka Raya tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Boby.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas guru dengan menggunakan model PBL pada pokok bahasan pesawat sederhana. (2). Aktivitas siswa dengan menggunakan model PBL pada pokok bahasan pesawat sederhana. (3). Peningkatan kemampuan memecahan masalah siswa setelah menggunakan model PBL pada pokok bahasan pesawat sederhana. (4). Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL pada pokok bahasan pesawat sederhana.

Penelitian ini menggunakan metode Pre- experiment dengan rancangan desain “one-group pretest-posttest design” Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan siswa, tes pemecahan masalah dan tes hasil belajar. Hasil uji coba tes pemecahan masalah mendapat reliabilitas 0,29 dengan kategori rendah dan hasil uji coba tes hasil belajar (THB) mendapat reliabilitas 0,80 dengan kategori tinggi. Populasi sampel penelitian ini adalah kelas VIII2 semester II SMP Negeri-4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 21 orang siswa. Instrumen tes hasil belajar berjumlah 17 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal essay. Analisis data pre-test dan pos-test pada tes hasil belajar dan hasil pemecahan masalah siswa dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2010.

Hasil penelitian diperoleh: (1) Penilaian aktivitas guru pada pembelajaran fisika dengan model PBL pokok bahasan pesawat sederhana memiliki nilai rata-rata 80,4% tergolong dalam kategori baik. (2). Penilaian aktivitas siswa pada pembelajaran Fisika dengan model PBL pokok bahasan pesawat sederhana memiliki nilai rata-rata 74,2% dengan kategori cukup baik. (3). Peningkatan pemecahan masalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model PBL pokok bahasan pesawat sederhana dengan rata-rata keseluruhan sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Peningkatan hasil belajar siswa kognitif pembelajaran fisika dengan menggunakan model PBL pokok bahasan pesawat sederhana dengan rata-rata keseluruhan 0,58 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model PBL; pemecahan masalah; pesawat sederhana; fisika; aircraft simple; problem sholving
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 05 Sep 2017 02:26
Last Modified: 05 Sep 2017 02:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item