Pengembangan media pembelajaran animasi menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi cahaya di MTs Darul Ulum Palangka Raya

Rosidin, Kholif Fatur (2016) Pengembangan media pembelajaran animasi menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi cahaya di MTs Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak KF.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman siswa terhadap materi cahaya disebabkan adanya konsep fisika yang abstrak. Keabstrakan konsep fisika sulit dipahami jika guru hanya menggunakan media gambar dan metode ceramah dalam menjelaskan konsep fisika khususnya pada materi cahaya. Teknologi yang berkembang pesat saat ini juga kurang dimanfaatkan oleh guru. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia diharapkan siswa dapat lebih memahami konsep fisika khususnya materi cahaya yang abstrak.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan media pembelajaran. Tujuan utama penelitian ini untuk menghasilkan produk baru berupa media pembelajaran animasi yang bermanfaat berdasarkan prosedur pengembangan bahan ajar agar dapat difungsikan sebagai media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep fisika yang abstrak, mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran animasi yang dikembangkan dengan program Macromedia Flash 8.

Penelitan ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel kelas VIII-B MTs Darul Ulum Palangka Raya. Strategi yang ingin diketahui dalam penelitian ini merupakan startegi yang telah dipersiapkan dalam bentuk lembar validasi materi dan media serta instrumen soal Tes Hasil Belajar. Sampel yang terpilih diajar menggunakan media pembelajaran animasi yang dikembangkan dengan program Macromedia Flash 8 pada materi cahaya.
Media pembelajaran yang dihasilkan berupa media pembelajaran animasi materi cahaya yang tersusun atas materi, animasi, gambar dan video.
Siswa yang tuntas secara individu berjumlah 35 orang dan 3 siswa tidak tuntas dari 38 siswa yang mengikuti tes hasil belajar. Secara klasikal pembelajaran menggunakan media animasi tuntas karena diperoleh 92,11% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 74,5. Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) yang dirumuskan berjumlah 25 TPK diperoleh 23 TPK tuntas dan 2 TPK tidak tuntas.
Respon siswa secara umum 100% mengatakan senang dengan pembelajaran menggunakan animasi karena materi cahaya yang disajikan menggunakan media animasi lebih mudah untuk dipahami dan 97,37% siswa senang terhadap suasana kelas saat pembelajaran berlangsung menggunakan media animasi.

ABSTRACT

The background of this study is still a lack of students' understanding of the material due to their light abstract physics concepts. Abstractness physics concepts difficult to understand if the teacher only using media images and a lecture explaining the concept of physics, especially in light of the material. Rapidly evolving technology today underused by teachers. The development of multimedia-based learning media is expected that students can better understand the concept of physics, especially abstract light material.

This type of research is a kind of research development of instructional media. The main objective of this research to produce new products in the form of instructional media animation useful based on the procedure material development so that they can be used as a learning medium that is able to visualize the concepts of physics are abstract, knowing the results of student learning and knowing the students' response to instructional media animation developed by Macromedia flash 8.

This research uses descriptive quantitative method with a sample of classes VIII-B MTs Darul Ulum Palangka Raya. The strategy is to know in this study is a strategy that has been prepared in the form of sheet material validation and media as well as instruments learning about the test results. Samples were selected taught using instructional media animation program developed by Macromedia Flash 8 on the light material.
Learning Media generated in the form of instructional media animated light material that is composed of matter, animation, pictures and video.

Students who completed individually numbered 35 people and 3 students did not complete of 38 students who took the tests of learning outcomes. In classical learning to use complete animation media because it acquired 92.11% of the students finished with an average value of 74.5. Learning Objectives (TPK) formulated totaled 25 of TPK obtained 23 TPK complete and 2 TPK uncompleted.
Student response is generally 100% said they were delighted by learning to use animation as light material presented using animation media easier to understand and 97.37% students enjoyed the atmosphere of the classroom when learning takes place using animation media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan; media pembelajaran; animasi; macromedia flash 8; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020504 Photonics, Optoelectronics and Optical Communications
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:43
Last Modified: 16 Aug 2017 03:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item