Pengaruh penerapan strategi genius learning berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bunyi di Kelas VIII MTs An Nur Palangka Raya Tahun Ajaran 2016-2017

Saputra, Pratama Auliyadi (2016) Pengaruh penerapan strategi genius learning berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bunyi di Kelas VIII MTs An Nur Palangka Raya Tahun Ajaran 2016-2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran materi fisika dalam IPA terpadu dengan menggunakan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences, (2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran yang menerapkan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences, (3) Terdapat tidaknya pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra Eksperimental dengan model rancangan Pretest-Postest Control Group Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih adalah kelas VIII A. Penelitian ini dilaksanakan di MTs An-Nur Palangka Raya pada bulan september sampai oktober 2016. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran, lembar tes Multiple Intelligences dan tes hasil belajar kognitif siswa. Analisa data menggunakan Microsoft excel dan SPSS versi 20.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan pembelajaran IPA fisika menggunakan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,84, (2) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences dilihat dari ketuntasan individu 100% tidak tuntas, sedangkan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences dilihat dari ketuntasan individu 48,3% tidak tuntas dan 51,7% tuntas. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi Genius Learning berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t-hitung sebesar -17,977 dengan signifkansi menunjukkan 0,000 < 0,05.

ABSTRACT

This research aims to (1) Describe the management of teaching physics material on science using Genius Learning based on Multiple Intelligences strategy, (2) Know the students cognitive results of teaching use Genius Learning based on Multiple Intelligences, (3) know whether there is significant between using Genius Learning based on Multiple Intelligences strategy towards students’ learning achievement.

This research uses Pra Experiment with Pretest-Postest Control Group Design with purposive sampling technique. The sample selected is VIII-A grade which is conducted at MTs An-Nur Palangka Raya from September to October 2016. The instruments used are pieces management learning sheets, Multiple Intelligences test sheets and results of student's cognitive learning test. Data analysis using Microsoft excel and SPSS version 4.5 for windows.

The results showes that: (1) management of learning physics using Genius Learning based on Multiple Intelligences strategy is in good by an average of 3.84, (2) the students cognitive learning results before using Genius Learning based on Multiple Intelligences strategy showed that individual acheivement is 100% uncomprehensiv, meanwhile students cognitive learning results after using the Genius Learning based on Multiple Intelligences strategy showed that 48.3% failed and 51.7% succeeded. (4) there is significant influences between the use of Genius Learning based on Multiple Intelligences strategy towards students’ learning achievement of the t-count 17.977 shows 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Genius learning; multiple intelligences; hasil belajar kognitif;bunyi; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Aug 2017 02:22
Last Modified: 14 Aug 2017 02:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item