Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap berfikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah

Wati, Fitriani (2016) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap berfikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak FW.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat atau tidak terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan berfikir kritis pada materi usaha dan energi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) terdapat atau tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (3) terdapat atau tidak terdapat hubungan signifikan berfikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (4) aktivitas belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi usaha dan energi.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan Quasi Eksperimental design dengan model Matching Pretest-Posttest Comparation Group Desaign. Instrumen yang digunakan adalah tes berfikir kritis dan tes kemampuan pemecahan masalah serta lembar pengamatan aktivitas siswa. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes berfikir kritis diperoleh sebesar 0,6157 dengan kategori kuat dan tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh sebesar 0,62 dengan kategori kuat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI semester I MAN Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 1 berjumlah 38 orang dan XI MIPA 2 sebesar 36 orang. Analisis data pretest dan posttest tes berfikir kritis dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa, data hubungan berfikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan program SPSS for Windows Versi 17.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan analisis uji hipotesis pada posttest berfikir kritis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan nilai taraf signifikansi posttest 0,763 > 0,05, (2) berdasarkan analisis uji hipotesis posttest kemampuan pemecahan masalah menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran CIRC dan siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan nilai taraf signifikansi posttest 0,002 < 0,05, (3) berdasarkan analisis uji hipotesis pada posttest berfikir kritis-posttest kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 1 terdapat hubungan positif yang signifikan antara berfikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dimana koefisien korelasi sebesar 0,275 dengan kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen 2 terdapat hubungan positif yang signifikan antara berfikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dimana koefisien korelasi sebesar 0,474 dengan kategori sedang, dan (4) berdasarkan analisis aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran CIRC termasuk kategori baik sebesar 78,75 % dan model pembelajaran Jigsaw termasuk kategori baik sebesar 80,61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model CIRC; Jigsaw, berfikir kritis; kemampuan pemecahan masalah; usaha dan energi; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:12
Last Modified: 11 Aug 2017 08:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item