Hubungan adversity quotient dan hasil belajar biswa pada pembelajaran Fisika pokok bahasan gerak benda menggunakan model pembelajaran problem based learning

Latipah, Jauhar (2016) Hubungan adversity quotient dan hasil belajar biswa pada pembelajaran Fisika pokok bahasan gerak benda menggunakan model pembelajaran problem based learning. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak JL.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adversity quotient siswa (2) hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik (3) ada atau tidak adanya hubungan adversity quotient dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif pada pembelajaran fisika pokok bahasan gerak benda menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tidak murni, dalam mengumpulkan data Instrumen yang digunakan adalah lembar angket adversity quotient siswa dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil analisis reliabilitas butir soal uji coba instrumen tes hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 0,62 dengan kategori kuat. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII semester I MTsN 1 Model Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian yang digunakan adalah 28 orang siswa pada kelas VIII-6. Analisis data adversity quotient siswa, serta hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) berdasarkan analisis skor adversity quotient didapat bahwa rata-rata skor pretest adversity quotient sebesar 125,6 dalam ketegoti menengah dan rata-rata posttest adversity quotient adalah sebesar 158,3 dengan kategori tinggi. (2) berdasarkan analisis hasil belajar pada ranah kognitif nilai rata-rata yang didapat siswa pada pretest sebesar 48,6 sedangkan posttest sebesar 79,6. Hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik didapat adanya peningkatan dilihat dari setiap pertemuan yang dilakukan, nilai rata-rata hasil belajar pada ranah afektif sebesar 75,8 nilai tersebut termasuk dalam kategori baik sedangkan hasil belajar pada ranah psikimotorik siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,0 termasuk dalam kategori baik. (3) Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara adversity quotient dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan α = 0,05 lebih kecil dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,190 untuk ranah kognitif dengan dengan hasil perhitungan rhitung sebesar
-0,255.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL); adversity quotient; hasil belajar; gerak benda; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:33
Last Modified: 11 Aug 2017 03:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item