Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di Kelas VIII SMP Negeri 7 Palangka Raya

Yulianti, Resa (2016) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di Kelas VIII SMP Negeri 7 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - BAB V.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru dan siswa saat pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing, (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana, (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana.

Penelitian ini menggunakan model rancangan One-group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru menggunakan model inkuiri terbimbing dan lembar pengamatan aktivitas siswa menggunakan model inkuiri terbimbing, tes hasil belajar kognitif siswa, tes kemampuan berpikir kreatif. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 2 SMP Negeri 7 Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas VIII-A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling.
Analisis data aktivitas guru, aktivitas siswa, pretest dan postest tes hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan Microsoft Excel 2007.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas guru pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam kategori baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 81,67 % dan aktivitas siswa pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 70.25%, (2) nilai peningkatan (N-gain) hasil belajar siswa kognitif pembelajaran fisika pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan model inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori sedang dengan presentase nilai rata-rata sebesar 0,47, (3) nilai peningkatan (N-gain) kemampuan berpikir kreatif siswa pembelajaran fisika pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan model inkuiri terbimbing termasuk dalam kategori sedang dengan presentase nilai rata-rata sebesar 0,34.

ABSTRACT

This research aimed to determine (1) the teachers and students activities using guided inquiry learning, (2) the improvement of students’ learning results after implementing guided inquiry learning on the topic of simple machine, (3) the improvement of students’ creative thinking abilities after implementing guided inquiry learning model on the topic of simple machine.

This research used one-group Pretest-Posttest Design. The instruments used were the teacher activity observation sheets using guided inquiry learning model and student activity observation sheet using guided inquiry learning model, the test results of students; cognitive learning, creative thinking ability tests. The research population was grade VIII second semester SMPN 7 Palangka Raya Academic Year 2015/2016, the research sample was VIII-A that totaled 26 people as experimental class selected by purposive sampling. Data analysis activities of teacher, student activities, pretest and posttest cognitive learning result test and creative thinking skills used Microsoft Excel 2007.

The results showed that: (1) the activity of teachers in teaching physics as a whole by using guided inquiry model in both categories with average percentage value of 81.67% and learning activities of students in physics as a whole by using guided inquiry model included in the category quite well with the average percentage value of 70.25%, (2) the increased value (N-gain) student learning results of cognitive learning physics in the topic of simple machine by using a model of guided inquiry included in the medium category with average percentage value of 0.47, (3) the increased value (N-gain) creative thinking abilities of students learning physics on the topic of simple machine by using guided inquiry model included in the medium category with average percentage value of 0.34.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing; kemampuan berpikir kreatif; hasil belajar; pesawat sederhana; fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 11 Aug 2017 01:45
Last Modified: 11 Aug 2017 01:45
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item