Islam Dinamis

Jirhanuddin, Jirhanuddin (2017) Islam Dinamis. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. ISBN 978-602-229-728-4

[img]
Preview
Text
buku perpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kehadiran agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw diyakini dapat menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahtera lahir dan batin. Petunjuk-petunjuk agama mengenai berbagai kehidupan manusia, sebagai¬mana terdapat di dalam sumber ajarannya, (Al-Quran dan Hadits) tampak amat ideal dan agung.

Islam mengajarkan kehidupan yang dinamis dan progresif, menghargai akal pikiran melalui pengembangan ilmu pengeta-huan dan teknologi, bersikap seimbang dalam memenuhi kebu-tuhan material dan spiritual, senantiasa mengembangkan kepe-dulian sosial, menghargai waktu, bekerja keras, dinamis, bersikap terbuka, demokratis, berorientasi pada kualitas dan masa depan, egaliter, kemitraan, anti-feodalistik, mencintai kebersihan, meng-utamakan persaudaraan, berakhlak mulia dan bersikap positif lainnya.

Dewasa ini kehadiran agama semakin dituntut agar ikut terlibat secara aktif di dalam memecahkan berbagai masalah yang dihadapi umat manusia. Agama tidak boleh hanya sekedar men¬jadi lambang kesalehan atau berhenti sekadar disampaikan dalam khutbah, melainkan secara konsepsional menunjukkan cara-cara yang paling efektif dalam memecahkan masalah.

Tuntutan terhadap agama yang demikian itu dapat dijawab mana¬kala pemahaman agama yang selama ini banyak meng-gunakan pendekatan teologis normatif dan fikih tekstual dileng-kapi dengan pemahaman agama yang menggunakan pendekatan lain, yang secara operasional konseptual, dapat memberikan jawaban terhadap problema keumatan dewasa ini.

Mengapa diperlukan beberapa pendekatan dalam mengkaji ajaran agama, karena dengan menggunakan multi pendekatan diharapkan kehadiran agama secara fungsional dapat dirasakan oleh penganutnya. A.Mukti Ali pernah mengalami kegelisahan akademik dan menemukan pendekatan yang dianggap tepat untuk memahami atau mengkaji ajaran agama Islam, yakni pendekatan “ Ilmiah cum doktriner” atau scientific-cum-suigeneris (teori Sintesis). Dengan demi¬kian agama Islam dapat dipahami dengan baik, tepat dan benar, Islam menjadi dinamis, tidak statis, tidak dipandang sempit, selalu ketinggalan zaman, dan penghambat pembangunan.

Buku yang ada ditangan para pembaca saat ini mengajak untuk memahami Islam secara komprehensip, sehingga agama Islam tidak kehilangan rohnya sebagai agama rahmatan lil’alamin. Semoga buku ini bermanfaat. Amin.
Palangka Raya, Pebruari 2017
Rektor IAIN Palangka Raya,

DR. IBNU ELMI AS PELU, SH., MH.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Islam; etos kerja; etika kerja; dzikir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Dr Jirhanuddin Jirhanuddin
Date Deposited: 18 Aug 2017 01:38
Last Modified: 18 Aug 2017 01:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item