Pluralisme agama dalam perspektif ulama (studi terhadap peran agamawan muslim dalam membina kerukunan antar-umat beragama di kota Palangka Raya dan kabupaten Gunung Mas)

Fadli, Rahman (2007) Pluralisme agama dalam perspektif ulama (studi terhadap peran agamawan muslim dalam membina kerukunan antar-umat beragama di kota Palangka Raya dan kabupaten Gunung Mas). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 4 (2). pp. 77-103. ISSN 1829-8257

[img]
Preview
Text
Pluralisme Agama Islam dalam Perspektif Ulama.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

MUI melalui musyawarah nasionalnya tanggal 26-29 Juli 2005, sempat mengeluarkan fatwa tentang pluralisme yang intinya menyatakan bahwa pluralisme dalam pemikiran keagamaan adalah haram. Artinya MUI telah mengambil langkah jelas dalam menanggapai pluralisme agama. Sehingga lantas bagaimana Islamic World View dalam skala lokal membicarakan masalah ini? sementara pada tataran yang lain, kelompok otoritas keislamannya (ulama muslim) lokal pun harus dihadapkan pada realitas sosial yang sangat jelas multikulturalnya! suatu hal yang menuntut kearifan untuk menjawabnya, tidak terkecuali oleh para otoritas Islam di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas, maka dari sinilah pemaknaan yang berupa hasil riset tentang topik ini kemudian dimulai.

Item Type: Journal Article
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 08 Aug 2017 00:16
Last Modified: 08 Aug 2017 00:16
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item