Asmah, Asmah (1994) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pemberian Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Kalangan Suku Banjar pada Kelurahan Langkai Kotamadya Palanka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
111_ASMAH_8915005307_1994.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu sarana mewujudkan manu-sia yang berkualitas. Dan dengan bekal ilmu pula orang tua mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab mendidik anak-anaknya mencapai cita-cita dan tujuan yang diharapkan.
Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dalam memberikan motivasi belajar anak merupakan bahasan da -lam penelitian ini. Dengan harapan, hasil penelitian ini berguna sebagai behan informasi dan renungan bagi orang tua agar lebih memperhatikan pendidikan bagi anak anaknya.
Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pemberian motivasi bela -Jar ansk, dengan mengambil obyek penelitian pada kalang an suku Banjar anjar di kelurahan Langkai.
Populasi penelitian ini adalah keluarga suku Banjar di kelurahan Langkai yang mempunyai anak Setolah Dasar dengan jumlah 776 keluarga. Dan penetapan sampel sebanyak 10% dari populasi yaitu 30 sampel yang diambil secara acak atau random.
Sedangkan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan beberapa teknik pengum pulan data yaitu observasi, dokumentasi dan angket.
Untuk menguji hubungan tingkat pendidikan orangtua terhadap pemberian motivasi belajar anak digunakan teknik uji korelasi (r) product moment, dan untuk mengetahui signifikansi hasil penelitian dicari nilait hit yang selanjutnya utaya dikonsultasikan dengan t tabel.
Dari hasil perhitungan diperoleh tingkat pendidikan orang tua cukup baik, karena 53,75% berpendidikan menengah ke atas, sedangkan pemberian motivasi belajar anak tergolong cukup baik yaitu sebesar 96,25%.
Setelah diadakan perhitungan diperoleh diperoleh x = 0, 38
dan ternyata t hitung dengan signifikansi 5% %
atau taraf kepercayaan 95% dan 99% diperoleh t hitung >t tabel, jadi antara kedua variabel ada korelasi.
Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh dan hubungan yang positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan pemberian motivasi belajar anak berada pada tingkat korelasi yang rendah. Dengan demikian hipotesa per tama "ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pemberian motivasi belajar anak dapat diterima. Kemu-dian untuk mengetahui sejauhmana pengaruh tingkat pen-didikan orang tua terhadap pemberian motivasi belajar anak digunakan rumus regresi linier Yabxdengan hasil perhitungan Y = 1, 79 + 0, 31 x yang berarti bahwa setiap kenaikan satu menyebabkan kenaik-an Y. Hal ini bererti semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua maka semakin besar pengaruhnya terhadap pemberian motivasi belajar anak.
Dengan pembuktian hasil penelitian ini, diharap -kan orang tua lebih meningkatkan keaktifan den perhati annya dalam memberikan dorongan belajar bagi anak rumah, agar anak lebih bersemangat dalam belajar, ber-prestasi, dan tercapai apa yang diharapkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pendidikan ; Orang Tua; Motivasi Belajar ; Anak |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | marina marina daniaty |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:27 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:28 |
| URI: | https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
