Nuraini, Siti (2016) Identifikasi sikap siswa pada pembelajaran materi Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di Kelas VIII A MTs Darul Amin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Sikap ilmiah merupakan tingkah laku yang didapatkan melalui pemberian contoh-contoh positif dan harus terus dikembangkan agar bisa dimiliki oleh siswa. Tujuan dari adanya pengembangan sikap ilmiah yaitu untuk menghindari munculnya sikap negatif pada diri siswa. Oleh karena itu, sikap ilmiah merupakan aspek yang penting karena berpengaruh pada budi pekerti serta pembentukan karakter yang baik pada diri siswa. Penanaman sikap ilmiah pada siswa melalui pembelajaran IPA di sekolah dasar secara tidak langsung akan berpengaruh positif terhadap motivasi belajarnya serta meningkatkan kesadaran siswa untuk menjadi pribadi yang berbudi pekerti baik. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti saat observasi di sekolah MTs Darul Amin Palangka Raya, secara umum disana untuk proses pembelajarannya sudah cukup baik. Beberapa penghargaan pun pernah diraih terkait dengan pembelajaran dibidang sains. Namun, untuk penilaian sikap terutama sikap ilmiah siswa masih kurang begitu juga dengan penanaman sikap ilmiahnya. Peneliti juga memilih kelas VIII A sebagai subjek karena menurut informasi kelas tersebut masuk ke dalam kategori kelas unggulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: sikap-sikap yang muncul pada waktu siswa diajarkan tentang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darul Amin Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung di dalam kelas dengan melakukan pengajaran kepada anak-anak kelas VIII A MTs Darul Amin Palangka Raya. Instrument yang digunakan adalah instrument penilaian afektif (sikap) siswa. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 27 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang muncul ketika kegiatan belajar mengajar di kelas, yakni: sikap gotong royong dengan rata-rata nilai 2,97 (kategori SB), sikap disiplin dengan rata-rata nilai 1,89 (kategori C), sikap respon dengan rata-rata nilai 1,74 (kategori C), sikap spiritual dengan rata-rata nilai 2,37 (kategori B), dan sikap sopan dengan rata-rata nilai 2,11 (kategori B). Dari hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa sikap siswa selama kegiatan belajar mengajar di kelas masih perlu diperhatikan dan penilaian terhadap aspek sikap siswa perlu ditingkatkan untuk hasil belajar yang lebih baik kedepannya terutama pada ranah afektif.
ABSTRACT
Scientific attitude is an acquired behavior through providing positive examples and should continue to be developed to be owned by the students. The purpose of the development of a scientific attitude is to avoid the appearance of negative attitudes on students. Therefore, scientific attitude is an important aspect because it affects the character as well as the formation of good character in students. Planting scientific attitude in students through learning science in elementary schools will indirectly positive influence on learning motivation and increase the awareness of students to be a good person virtuous character. Based on information obtained from interviews conducted by researchers at the school when the observation MTs Darul Amin Palangka Raya, generally there for the learning process has been quite good. Some of the awards has ever achieved related to the field of science learning. However, for the assessment of students' attitudes, especially scientific attitude is still lacking as well as the planting of scientific attitude. Researchers also choose a class VIII A as a subject because, according to the class information into the category of excellent class.This study aims to determine: the attitudes that arise when students are taught about the material structure and function of plant tissues. This research was conducted in MTs Darul Amin Palangka Raya highway.
This research is descriptive. Data collection techniques using direct observation in the classroom by teaching the children in class VIII A MTs Darul Amin Palangka Raya. The instrument used is the assessment instrument affective (attitudes) students. The subject in this study were all students of class VIII A with the number of students 27 people.
The results showed that the attitudes that arise when teaching and learning activities in the classroom, namely: the attitude of mutual cooperation with an average value of 2.97 (very good category), discipline with the average value is 1,89 (enough category), response with average value is 1,74 (enough category), spiritual with the average value is 2,37 (good category), and politeness with the average value is 2,11 (good category). From the research results can be identified that the attitude of students during classroom teaching and learning activities still need to be considered and the assessment of aspects need to be improved students' attitudes to learning outcomes were better in the future, especially in the affective domain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi; sikap siswa; tumbuhan; biologi |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 08:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 08:20 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |