Studi Penggunaan Buku Berbahasa Inggris dalam Menunjang Kemampuan Siswa Membaca dan Memahami Bacaan Berbahasa Inggris pada Jurusan Bahasa Inggris (Program A4) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya

Jarkani, Akhmad (1994) Studi Penggunaan Buku Berbahasa Inggris dalam Menunjang Kemampuan Siswa Membaca dan Memahami Bacaan Berbahasa Inggris pada Jurusan Bahasa Inggris (Program A4) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
110_AKHMAD JARKANI_9002005509_1994.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kemampuan siswa membaca dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris dipengaruhi oleh beberapa faktor penen-tu, salah satu diantaranya adalah penggunaan buku berba-hasa Inggris dalam proses belajar. Persediaan buku berba-hasa Inggris baik dalam jumlah maupun jenisnya memungkin-kan siswa memanfaatkan buku tersebut untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris.

Signifikansi penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauhmana intensitas penggunaan buku berbahasa Inggris dalam menunjang kemampuan siswa membaca dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris, yang mengambil lokasi peneliti-an pada Jurusan Bahasa (Program A4) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Palangkaraya.

Hubungan antara tingkat intensitas penggunaan buku berbahasa Inggris sebagai sumber belajar dengan kemampuan siswa membaca dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris pada Jurusan Bahasa SMAN 1 Palangkaraya merupakan pokok bahasan dan subyek penelitian. Dengan harapan, hasil penelitian ini berguna bagi pengelola SMAN 1 Palangkaraya, khususnya Jurusan Bahasa (program A4) sebagai bahan input dan informasi dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa membaca dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris, juga sebagai bahan studi bagi peneliti berikutnya.

untuk mengkaji hubungan antara tingkat intensitas penggunaan buku berbahasa Inggris dengan kemampuan siswa membaca dan memahami bacaan berbahasa Inggris pada Juru-san Bahasa SMAN 1 Palangkaraya digunakan teknik uji kore-lasi (r), dan untuk mengetahui signifikansi hasil peneli-tian dicari nilai t hitung dan kemudian dikonsultasikan dengan t tabel.

Penulis mengadakan penelitian dari tanggal 3 sampai 29 Oktober 1994 di SMAN 1 Palangkaraya dengan jumlah sampel/responden 33 orang siswa Jurusan Bahasa, Kepala Seko-lah, Kepala Tata Usaha, Guru Bahasa Inggris dan Pustaka-wan sekolah sebagai informan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumenter, wawancara, angket dan tes. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMAN 1 Palangkaraya berjalan dengan baik. Sedangkan tingkat penggunaan buku berbahasa Inggris berada pada kategori "rendah" dengan nilai rata-rata 2,00. Kemampuan siswa membaca teks bacaan berbahasa Inggris berada pada tingkat kategori "baik" dengan nilai rata-rata 78,48, dan kemampuan siswa memahami teks bacaan berbahasa Inggris pada tingkat "cukup" dengan nilai rata-rata 62,72.

Adapun hubungan antara tingkat intensitas penggunaan buku berbahasa inggris dengan kemampuan siswa membaca teks bacaan berbahasa Inggris, setelah dilakukan penghitungan maka diperoleh nilair 0,27, dan t hitung 1,759 t tabel 0,355 pada taraf kepercayaan 95%. Jadi antara kedua variabel tersebut terdapat korelasi pada taraf lemah. Kemudian hubungan antara tingkat intensitas peng-gunaan buku berbahasa Inggris dengan kemampuan siswa memahami teks bacaan berbahasa Inggris, berdasarkan hasil penghitungan maka diperoleh nilair -0,154 dan t hitung -0,798 t tabel 0,355. Dengan demikian tidak terdapat korelasi antara kedua variabel tersebut. Kesimpulan hasil penelitian ini bersifat temporer dan hanya berlaku untuk Jurusan Bahasa SMAN 1 Palangkaraya semester ganjil tahun pelajaran 1994/1995.

Dengan pembuktian hasil penelitian ini, diharapkar kepada pihak pengelola, guru, pustakawan sekolah dan sis-wa Jurusan Bahasa serta seluruh siswa SMAN 1 Palangkaraya agar meningkatkan kegiatan belajar mengajar dengan diiri-ngi peningkatan penggunaan buku berbahasa Inggris sebaga buku wajib maupun sebagai buku penunjang dalam pengajaran Bahasa Ingris, dan meningkatkan minat baca terhadap buku berbahasa Inggris dalam rangka peningkatan kemampuan mem-baca dan memahami teks bacaan berbahasa Inggris serta penguasaan bahasa Inggris secara umum yang pada gilirannya akan meningkatkan pula mutu pendidikan dan kualitas ber daya manusia. sum-

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran; Bahasa Inggris; Kemampuan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 12 Dec 2025 04:59
Last Modified: 12 Dec 2025 08:51
URI: https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6049

Actions (login required)

View Item View Item