Peranan SMP Terbuka dalam Rangka Pemerataan Pendidikan Tingkat SLTP diPedesaan Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten DATI II Kapuas

Zatlaniah, Zatlaniah (1993) Peranan SMP Terbuka dalam Rangka Pemerataan Pendidikan Tingkat SLTP diPedesaan Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten DATI II Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
108_ZATLANIAH_8815003773_1993.pdf

Download (13MB)

Abstract

Dalam rangka menyukseskan wajib belajar 9 tahun bagi seluruh warga negara, khususnya bagi mereka yang berada di daerah pemukiman terisolir dan kondisi sosial ekonomi yang lemah, maka salah satu alternatif yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mengembangkan lembaga pendidikan tingkat menengah yang berupa SMP Terbuka.

SMP Terbuka mempunyai keterkaitan dengan pemerataan pendidikan, yang proses belajar mengajarnya pun punya ciri-ciri tertentu, karena tujuan SMP Terbuka tersebut diharapkan dapat menampung anak usia sekolah SLTP. Adanya keterkaitan SMP Terbuka dalam rangka pemerataan pendidikan, akan terlihat peranan dan hubungan cara belajar dengan prestasi.

Untuk melihat bagaimana peranan SMP Terbuka nya antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa, dirasa perlu adanya penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menjawab bagaimana peranan SMP Terbuka dalam rangka pemerataan pendidikan dan adakah hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa. Dengan diketahuinya peranan SMP Terbu-ka dalam rangka pemerataan pendidikan dan adanya hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, diharapkan penelitian ini berguna sebagai bahan informasi bagi yang berkepentingan untuk menentukan kebijakan selanjutnya.

Untuk mengkaji adanya peranan SMP Terbuka dalam rangka yang pemerataan pendidikan adalah melihat berapa jumlah anak dapat ditampung oleh SMP Terbuka dan juga melihat dari kenai-kan kelas, sedangkan untuk melihat adanya hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar digunakan uji korelasi dengan menggunakan rumus r.

Setelah penulis mengadakan penelitian terhadap peranan SMP Terbuka dalam rangka pemerataan pendidikan di tingkat SLTP yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir, dengan memilih TKB yang dapat terjangkau transportasi, dengan sampel 42 orang siswa, sis dan Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah, guru pembina dan pembimbing serta instansi terkait sebagai informan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter, maka dapat diambil kesimpulan, bahwa SMP Terbuka cukup berperanan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah anak yang tampung pada SMP Terbuka dan frekwensi kenaikan kelas, sedangkan hubungan antara cara belajar dengan prestasi belajar menunjukkan hubungan (korelasi).

Adapun besarnya peranan SMP Terbuka dilihat dari segi kuantitas yaitu dengan presentase tertinggi 60,34 %, pada taraf cukup berperanan, sedangkan peranan dilihat dari segi kualitas yaitu nilai rata-rata semester genap pada tarap cukup sebanyak 39 orang atau sebesar 92,86 dan yang berprestasi baik.

sebanyak 3 orang atau sebesar 7,14% sedangkan yang berprestasi kurang tidak ada. Adapun hubungan cara belajar dengan prestasi belajar, mempunyai hubungan dengan nilai korelasi 0,45 pada tarap sedang atau cukupan, sedangkan untuk mencari signifikannya hubungan itu, maka dilanjutkan dengan menggunakan rumus t hit. Dengan perhitungan nilai t hit 3,192,71 dengan taraf kepercayaan 99%. > t tabel =

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; SMP Terbuka
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:56
Last Modified: 11 Dec 2025 07:56
URI: https://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6047

Actions (login required)

View Item View Item