Salbiyah, Salbiyah (2016) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan menggunakan pengamatan lingkungan terhadap hasil belajar siswa biologi materi saling ketergantungan antar ekosistem di Kelas VII semester II MTs An-Nur Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
SALBIYAH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penilaian standar pendidikan sebelumnya di ketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi umumnya belum mencapai nilai KKM klasikal yaitu 70,00. Hal itu disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berakibat tidak maksimalnya hasil belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based instruction (PBI) dengan menggunakan pengamatan lingkungan pada materi saling ketergantungan antar ekosistem terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di kelas VII MTs an-nur palangka raya.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design, dengan menggunakan desain pretest-posttestcontrol group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII semester II MTs An-Nur palangka raya tahun pelajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas VIIA berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB berjumlah 40 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas siswa saat pembelajaran dengan menggunakan model problem based instruction (PBI) dan model pembelajaran konvensional pada materi IPA saling ketergantungan antar ekosistem kelas VII semester II MTs an-nur palangka raya,(2) pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based instruction (PBI) dengan menggunakan pengamatan lingkungan pada materisaling ketergantungan antar ekosistem terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (a) berdasarkan hasil perhitungan aktivitas siswa di kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 87,58% dengan kategori sangat baik, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 71,4% dengan kategori cukup. (b) Uji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 21.0 for windows menunjukkan model pembelajaran problem based instruction (PBI) dengan menggunakan pengamatan lingkungan berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata post-test menunjukkan nilai sig. 0,00 > 0,05 dengan ketentuan nilai signifikan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya model pembelajaran problem based instruction (PBI) dengan menggunakan pengamatan lingkungan pada materi saling ketergantungan antar ekosistem mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran problem based instruction (PBI); aktivitas siswa; hasil belajar; saling ketergantungan antar ekosistem; biologi |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 07:48 |
Last Modified: | 07 Jul 2017 07:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/603 |
Actions (login required)
View Item |