Pengaruh Tingkat Pendidikan Ibu Rumah Tangga Terhadap Aktivitas Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Tingkat Pendidikan Dasar di Kampung Baru Kelurahan Pahandut Palangkaraya

Norhayati, Norhayati (1993) Pengaruh Tingkat Pendidikan Ibu Rumah Tangga Terhadap Aktivitas Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Tingkat Pendidikan Dasar di Kampung Baru Kelurahan Pahandut Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
096_NORHAYATI_8615003867_1993.pdf

Download (15MB)

Abstract

Dalam upaya mencapai tujuan pendidikan melalui proses belar jar mengajar diperlukan keterkaitan dan saling menunjang tiga un aur pendidikan yaitu sekolah, manyarmat dan keluarga, seluarga mendidik anai moncapai perkembangan yang selaras dalam pembentuk an pengetahuan, keterampilan, sikap dan sebagainya. Keluarga mo-rupakan kesatuan hidup bersama yang pertaa dikenal anak. Ibu sebagai anggota kolmarga jon, merupakan penuidik utama dalam ko-Lentang luarga sopantanga Lanzadah memiliki wanan dan pengetahuan pondidikan anak. Dengan bekal itulah ibu diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi anak kimsusnya kesulitan belajar, seperti anak-anak di Kampung Baru.

Penelitian ini bermaksud menjawab persoalan pokok adalah sejauh mana pengaruh tingkat pendidikan ibu rumah tangga terhadap aktivitas mengatasi kesulitan belajar anak pada tingkat pendidikan dasar, dengan rumusan masalah bagaimana tingkat pendidikan-ibu rumah tangga, bentuk-bentuk kesulitan jang sering oleh anak, cara ibu mengatasinya dan faktor-faktor yang mempeng-aruhinya dengan rumusan hipotesa tesa; ada pengaruh tingkat pendidik an ibu rusan tangga terhadap aktivitas mengatasi kesulitan lajar anak pada tingka pendidikan dasar, dan semakin tinggi tinkat pendidikan ibu ruman tongga semakin besar kemungkinan ke sulitan belajar amk dapat teratasi.

Populasi penelitian adalah ibu-ibu di kampung Baru yang mempunyai anak di tingkat pendidikan dasar yaitu sebanyak 826 orang sampel ditetapkan berdasarkan tehnik random sampling terpilih
85 ibu sebagai sampel. Data, diperoleh dari responden (ibu) dan informan (Lurah beserta stapnya), dengan menggunakan bentuk observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi.

Data hasil penelitian ini disajikan accara kualitatif mau pun kuantitatif, sehingga hasil penelitian menunjukan adanya po-ngaruh tingkat pendidikan ibu rumah tangga terhadap aktivitas me atasi kesulitan belajar anak dimana mana diperoleh X² 76,204 taraf kepercayaan 9 lbih besar dari tabel kritik Chi kuadrat 15,5 den an tingkat korelasi pada kwalipikasi cukup, karena ni-lai nooresien Kontegen (kh) 0,692 berada pada interval 0,600-uan 0,800.

Dengan hasil penelitian ini diharapakan para ibu rumah tang ga andar pentingnya arti pendidikan dalam rangka meningkatkan kemampuan mengatasi kesulitan belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Ibu Rumah Tangga;AKtivitas Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 21 Aug 2025 09:26
Last Modified: 21 Aug 2025 09:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6027

Actions (login required)

View Item View Item