Hayani, Ida (1993) Studi Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada SMP Terbuka Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten DATI II Kapuas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
079_IDA HAYANI_8815003779_1993.pdf Download (18MB) |
Abstract
Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan meratakan pendidikan telah dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan yang dapat memberikan kesempatan belajar bagi seluruh lapisan masyarakat diantaranya de-ngan adanya SMP Terbuka.
SMP Terbuka memiliki kurikulum yang sama dengan kurikulum SMP regulerdan salah satu bidang studi yang wajib dilaksanakan adalah bidang studi pendidikan agama Islam.
Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan Agama Islam pada SMP Terbuka dan apa saja yang menjadi faktor penunjang dan penghambat maka dilakukan pengkajian dalam bentuk penelitian, dengan mengambil lokasi penelitian pada SMP Terbuka Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Dati II Kapuas. Dengan harapan hasil penelitian ini berguna sebagai informasi dan bahan bagi pihak pengelola SMP Terbuka Pulang Pisau dan guru bidang studi yang bersangkutan serta bahan studi bagi penelitian selanjutnya.
Setelah penulis mengadakan penelitian pada SMP Terbuka Pulang Pisau dengan sampel 62 orang siswa dan guru Agama Islam, kepala sekolah, kepala tata usaha sebagai informan, dengan menggunakan teknik observasi, wa-wancara, angket dan dokumenter, maka dapat diketahui dan diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam pada SMP Terbuka Pulang Pisau dapat dilihat di dua lokasi yaitu pada TKB dab SMP Induk dimana proses belajar mengajar pada TKB belum terlaksana, meskipun demikian darimaspek administrasinya tetap ada terutama yang berhubungan dengan penyusunan jadual pelajaran dan penilaian, pencatatan dan pelaporan hasil belajar. Sedangkan proses belajar mengajar di SMP Induk berjalan sesuai dengan jadual yang ada, ini dapat dilihat dari cara siswa belajar, sistem guru mengajar, bahan pengajaran dan metode mengajar serta evaluasi yang dilaksanakan. Dalam proses belajar mengajar terda pat beberapa faktor penunjang dan penghambat.
Dengan pembuktian hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak pengelola guru-guru dan para siswa SMP Terbuka Pulang Pisau agar dapat meningkatkan mutu pen-didikan terutama untuk bidang studi padidikan agama Islam baik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Belajar; Pendidikan Agama Islam; SMP Terbuka |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | marina marina daniaty |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 13:29 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 13:29 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/6010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |