Penggunaan Media Massa dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Palangkaraya

Sukti, Surya (1992) Penggunaan Media Massa dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
064_SURYA SUKTI_8515003839_1992.pdf

Download (18MB)

Abstract

Keberhasilan belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah proses komunikasi dan interaksi siswa dengan media pendidikan. Perkembangan media komunikasi yang pesat memungkinkan siswa untuk menerapkan pola interaksi pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan media koran, majalah, radio dan televisi sebagai sumber belajar.

Signifikansi penelitian ini adalah ingin mengetahui sejauhmana intensitas dan efektivitas penggunaan media massa terhadap prestasi belajar siswa, dengan mengambil lokasi penelitian pada SMA Negeri 2 Palangkaraya.

Hubungan antara tingkat intensitas penggunaan media massa sebagai sumber belajar dengan indeks prestasi siswa di SMA Negeri 2 Palangkaraya merupakan pokok bahasan subyek penelitian ini. Dengan harapan, hasil penelitian ini berguna sebagai bahan informasi bagi pengelola SMA Negeri 2 Palangkaraya dan bahan studi bagi peneliti selanjutnya.

Untuk mengkaji hubungan antara tingkat intensitas penggunaan media massa sebagi sumber belajar dengan indeks prestasi siswa di SMA Negeri 2 Palangkaraya, digunakan teknik uji korelasi (r), dan untuk mengetahui signifikansi ha-sil penelitian dicari nilai t hitung selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel.

Setelah penulis mengadakan penelitian pada SMA Negeri 2 Palangkaraya, dengan sampel/responden sebanyak 80 orang siswa dan 7 orang guru, Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha sebagai informan, dengan menggunakan teknik observasi, angket, interview dan dokumenter, maka dapat diketahui dan diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar di SMA Negeri 2 Palangkaraya berjalan dengan baik, sedangkan tingkat intensitas penggunaan media massa sebagai sumber belajar berada pada kategori "tinggi" dengan nilai rata-rata 2,11 dan indeks prestasi belajar siswa berada pada kategori "cukup" dengan nilai rata-rata 6,53.

Adapun hubungan antara tingkat intensitas penggunaan prestasi. media massa sebagai sumber belajar dengan indeks siswa, setelah diadakan perhitungan diperoleh nilai r = 0,11 dan ternyata t hitung 1,03 t tabel 1,99 pada taraf kepercayaan 95%, jadi antara kedua variabel itu ti-dak ada korelasi. Kesimpulan tersebut bersifat temporer dan hanya berlaku untuk SMA Negeri 2 Palangkaraya.

Dengan pembuktian hasil penelitian ini, diharapkan ke-pada pihak pengelola, guru-guru dan para siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya agar mengembangkan proses belajar dan mengajar dengan teknologi komunikasi modern, dan sikap positif ter-hadap fungsi pendidikan media massa perlu ditanamkan kepada siswa baik melalui kegiatan intrakurikuler, kurikuler dan ekstrakurikuler guna meningkatkan mutu pendidikan sekolah.

Abstract

The students' success in learning is determined by many factors, such as process of communication and in-teraction between students and educational media. The rapid development of educational technology enables the students to apply an interaction pattern of the remote education by using the mass media such as newspaper, magazine, radio and television as sources of learning.

The significancy of this research is to know howfar intensity and effectivity of using mass media against students' achievement, by taking a field research in SMA-2 Palangkaraya.

The relationship between rank of intensity of using is mass media as sources of learning and students index the objective of research. Hopefully is useful as infor-mation to the developers of SMA-2 Palangkaraya and study for further research.

To study the two variables are utilized correlation results test method (r) and to know the significancy of of the research is utilized "t" score and then confirmed to the critical (t) list.

The research population is 547 students. The samples are 80 students, and 7 teachers, headmaster and a chief of secretariat as informen. The collecting of data by methods of observation, questioner, interview and documenter. From result of the research is known and taken conclusion that learning and teaching activities are running well. While rank of intensity of using mass media as students' sources of learning is in "high" category with rate score is 2.11 and the student academic index is ca-tegorized as "fairly high" with rate score of 6.53.

The relationship between the rank in using mass media as sources of learning and student academic index, from result of calculating is able to be known that the r score is 0.ll and "t" score of 1.03 critical (t) score of 1.99 on the significancy degree of 95 %. So both of two variables are assumed have no correlation. By note.. the conclusion is temporal and concerning for SMA-2 Palangkaraya only.

By this data, the principal, teachers and students of the SMA-2 Palangkaraya should develop learning and teaching process by modern communication technology, and positive attitude to educational function of mass media is necessary to be applied to students, in intracurricu lar, cocurricular and extracurricular activities to im-prove school education quality.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Media Massa; Siswa SMA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah
Depositing User: marina marina daniaty
Date Deposited: 21 Jul 2025 09:00
Last Modified: 21 Jul 2025 09:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item