Suriansyah, Suriansyah (1992) Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap kemampuan Siswa dalam Baca Tulis Al-Quran pada SMP 3 Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
![]() |
Text
063_SURIANSYAH_8515003838_1992.pdf Download (13MB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam mempunyai keterkaitan dengan kemampuan baca tulis Al- Qur'an, karena sumber pokok pengetahuan agama adalah bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits, serta pelajaran ilmu ilmu agama yang menggunakan dalil Al-Qur'an. Dengan adanya keterkaitan antara pendidikan agama Islam dengan kemampuan baca tulis Al-Quran nampak adanya hubungan dan pengaruh antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an.
Untuk melihat seberapa jauh hubungan dan pengaruh antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an dirasa perlu adanya penelitian ini. Kepentingan penelitian ini untuk menjawab sejauhmana hubungan dan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama pengaruh Islam terhadap kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an pada SMP-3 Palangka Raya. Dengan diketahuinya ada hubungan dan pengaruh antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam terhada Al-Qur'an, maka penelitian ini akan dapat berguna terhadap kemampuan siswa dalam baca tulis untuk -bahan informasi bagi Kepala SMP-3 Palangka Raya, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan bahan studi ilmiyah untuk penelitian lebih lanjut.
Untuk mengkaji adanya hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an, digunakan uji korelasi dengan memakai rumus r, dan selanjutnya untuk mengetahui signifikansi penelitian ini dicari nilai t dengan menggunakan rumus t hit. Selanjutnya untuk menguji hitung pengaruh antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan siswa dalam baca tulis Al Qur'an digunakan analisa regresi linier dengan rumus b 1-dan an, untuk mengetahui signifikan dicari nilai f.
Setelah penulis mengadakan penelitian pada SMP-3 Palangka Raya, dengan sampel 113 orang siswa dan 1 orang guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, Kepala SMP- 3 dan Kepala Urusan Tata Usaha sebagai informan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter, maka dapat diambil kesimpulan, bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam dan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an di SMP 3 Palangka Raya cukup baik, sedangkan kegiatan intra kuler maupun kegiatan ko kurikuler serta aktifitas belajar siswa juga cukup baik. Adapun prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam berada pada tingkat sedang, yaitu dengan nilai rata rata 6,08 dan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an berada pada tingkat cukup, dengan nilai rata rata 6,60.
Adapun prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam terbukti mempunyai hubungan yang kuat dengan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an dengan nilai korelasi 0,88 dengan perhitungan nilait hit ,76 t tabel 2,62 dengan taraf kepercayaan 99%. Kemudi an antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam mempunyai pengaruh terhadap kemampuan mpuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an dengan garis regresi Y -1,02 + 0,71 X, yang berarti setiap kenaikan 1 satuan X akan menyebabkan kenaikan Y( 0,71 + 1,02) = 1,73, 4 dengan nilai F hit 189,2 F tabel 8,18 pada taraf kepercayaan 99.5 %.
Dengan terbuktinya ada hubungan dan pengaruh antara prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur'an di SMP-3 Palangka Raya, diharapkan kepada kepala SMP-3 Palangka Raya dan guru guru yang terkait dengan pelajaran tersebut agar senantiasa memotivasi kepada para siswa untuk lebih giat dalam mempelajari pendidikan agama Islam. dan baca tulis Al-Qur'an. Disamping itu para guru pendidikan agama Islam juga perlu meningkatkan kualitas pengetahuannya maupun metode mengajarnya demi peningkatan mutu pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; SMP |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah |
Depositing User: | marina marina daniaty |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:25 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:13 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |